11 Aug 2021, 03:43Kandungan

Bagaimana bentuk selaput dara normal?

PM
Info Penanya: PM0
Assalamu'alaikum dok saya mau bertanya tentang selaput dara saya pernah liat di you tube tentanh hymen dan saya sebagi perempuan jdi merasa terntang gitu untuk mengetahui lebih dalam tentang hymen kata hymen bisa robek dengan benturan,kecelakan walaupun blum pernah melakukan hubungan intim sekalipun jdi karna itu saya cobe cek hymen saya dengan cermin pas dibuka kayak ada bulan sabit di bawah vagina saya tp pas di liat2 lgi ada lubang kecil di bawah daging kyk bulan sabit itu dan di atas ada jg?
533 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang PM,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Selaput dara merupakan lapisan tipis yang terletak di bawah vagina. selaput dara normalnya berbentuk bulan sabit atau donat kecil. Selaput dara berfungsi untuk membantu keluarnya darah haid. Pada masyarakat Indonesia, selaput dara sering di kaitkan dengan keperawanan. Padahal tidak semua selaput dara pada wanita masih utuh hingga dewasa. Selaput dara bisa robek saat terjatuh, bersepeda, menggunakan menstrual cup saat haid, masturbasi, dll. Sehingga sebenarnya keperawanan tidak hanya bisa di nilai dengan selaput dara.

Selaput dara setiap wanita juga memiliki bentuk yang bermacam seperti :

  • Selaput dara yang memiliki pembatas di tengah lubang sehigga terlihat seperti mempunyai dua lubang
  • Selaput dara yang mempunyai lubang terbuka sedikit
  • Selaput dara yang tertutup sehingga tidak mempunyai lubang
Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait selaput dara sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter kandungan atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan. Agar selaput dara terjaga dengan baik sebaiknya hindari untuk memasukan jari ke dalam vagina, hindari melakukan masturbasi dengan bantuan alat seks, bersepeda atau berkuda dengan lebih hati-hati, terapkan pola hidup sehat.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
hubungan sekssekshubungan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil