Haid tanggal 12 juni, kapan masa subur nya ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Dok kan saya haid nya 12 juni Kapan masa subur saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, W.

Masa subur merupakan saat dimana sel telur dilepas oleh indung telur menuju salurannya agar dapat dibuahi oleh sperma. Ketika terjadi pelepasan tersebut, jika ada sperma yang dapat membuahi sel telur, terbentuklah bakal janin yang akan berkembang menjadi kehamilan. Itulah yang membuat masa subur menjadi penting untuk diketahui oleh pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan maupun hendak menunda kehamilan.

Adapun cara penghitungannya bagi Anda yang memiliki siklus haid 28 hari, yakni berkisar pada hari ke 10 hingga kurang lebih, hari ke 17 jika dihitung dari hari pertama haid. Puncah masa subur atau yang dikenal dengan ovulasi umumnya jatuh pada hari ke 13 atau 14.

Berikut contoh perhitungannya pada tanggal haid Anda 

Jika Anda mengalami hari haid pertama di tanggal 12 Juni, maka hari ke 10 hingga ke 17 nya adalah tanggal 21 hingga 28 Juni dengan puncak ovulasi di tanggal 24 atau 25 Juni.

Namun demikian, perlu diketahui bahwa perhitungan ini tidaklah mutlak karena sangat bergantung pada lamanya siklus haid Anda. Selain itu terdapat pula beberapa keadaan yang dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur seperti memendek atau memanjang. Untuk itu, Anda disarankan menggunakan kalkulator masa subur agar penghitungan masa subur dapat lebih akurat.

Penjelasan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.