21 Sep 2021, 15:49Kandungan

apakah IUD dapat menyebabkan tidak haid?

EG
Info Penanya: EG0
Sore dokter, saya usia 50 tahin, masih pakai IUD, dua bulan ini saya tidak haid, kira2 kenapa ya dokter, terimakasih atas jawabannya
107 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,KB IUD adalah jenis KB yang dimasukkan ke dalam rahim dan memiliki dua jenis yaitu mengandung hormonal dan non-hormon. KB IUD  yang mengandung hormon, memang bisa saja memperngaruhi siklus haid rutin karena hormon dari KB mengganggu homron alami tubuh.

Efek samping KB IUD

  • Perdarahan di luar siklus haid
  • Rasa tidak nyaman pada 1-2 bulan pemakaian 
  • Menyebabkan sakit kepala dan payudara nyeri
Jadi gangguan haid hingga tidak haid selama 2bulan, kemungkinan bisa disebabkan IUD yang mengandung hormon. Namun selain karena efek samping IUD keluhan tidak haid atau haid tidak teratur di usia 50tahun juga bisa disebabkan karena faktor menopause atau menopause dini. 

Menopause dan perimenopause

Seorang wanita dikatakan terlambat haid jika keluhan hanya terjadi selama kurang dari 3bulan lalu haid dapat kembali normal dibulan berikutnya. Sedangkan menopause adalah jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan yang terjadi jika seorang wanita sudah kehabisan sel telur.Masa menopause rata-rata pada wanita adalah usia 51 tahun, diawali dengan masa transisi atau masa perimenopause dimana haid bisa hilang timbul dalam waktu yang tidak dapat ditentukan disebabkan kadar hormon tubuh yang mulai berubah. Jika ada keluhan lebih lanjut Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk cek IUD dan rahim secara keseluruhan.  
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
menopausegangguan menstruasiorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil