23 Jul 2021, 07:55Kandungan

Suntik KB, kenapa tidak haid?

SS
Info Penanya: SS, Wanita, 28 Tahun
Hallo dok, saya mau bertanya. Saya KB suntik 3 bulan hampir 3 tahunan, dan selama itu saya gak haid dok, apa itu wajar? Terus sekarang saya sudah tidak KB lagi, tapi belum dapet haid juga. Gimana ya dok?
345 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, STerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB merupakan saah satu alat kontrasepsi hormonal yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Penggunaan KB suntik ini cukup efektif dan efektivitasnya bisa mencapat 99% dalam mencegah kehamilan jika dilakukan secarar utin sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Meskpiun demikian, terdapat beberapa kekurangan dari penggunaan suntik KB.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kekurangan dari penggunaan suntik KB:

  • Nafsu makan meningkat
  • Berat badan bertambah
  • Muncul jerawat pada kulit
  • Perubahan siklus haid, atau bahkan tidak terjadi menstruasi
  • Sakit perut
  • Rasa tidak nyaman di payudara
  • Sakit kepala ataupun pusing
Terkait denga kondisi Anda, salah satu penyebab tidak haid saat menggunakan suntik KB salah satunya bsia akrena efek daripenggunaan suntik KB. Selain karena suntik KB, faktor lain yang bsia berpengaruh terhadap siklus haid adalahstres, emosi tidak stabil, berat bedan berubah, PCOS, gangguan hormon atau karena adanya masalah kesehatan pada organ reproduksi. Tindakan yang bisa dilakukan agar haid kembali lancar adalah dengan atasi stres, jaga kebersihan organ reproduksi, jaga berat badan tetap ideal, konsumsi makanan bergizi, konsumsi sayur dan buah, dan lakukan olahraga ringan secara rutin. Silakan melakukan pemeriksaan  ke dokter spesialis kandungan apabila keluhan ini disertai dengan gejala penyerta lain.Semiga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil