02 Jun 2021, 10:03Kandungan

Haid yang datang lebih sedikit pada usia 16 tahun?

RG
Info Penanya: RG, Wanita0
Halo dok, Saya R berumur 16 tahun. Saya sebelumnya mendapat haid normal tapi tiba' di bulan ini, haid yang keluar sedikit Dan udah lebih dari 7 hari. Kira-kira Saya kenapa ya dok? Apakah Itu berbahaya dok? Bisa dijelaskan Itu kenapa ya dok? Apa ada cara untuk menanganinya? Terimakasih!
60 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang RG,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Haid merupakan salah satu tanda bahwa organ reproduksi sudah memasuki kematangan secara reproduksi. Wanita akan mendapatkan haid pada usia rata-rata 12-15 tahun. Jika pada usia 16 tahun Anda mengalami haid belum teratur, hal tersebut masih normal. Karena organ reproduksi belum sepenuhnya matang. 

Beberapa penyebab yang dapat mengakitbatkan haid tidak teratur :

  • Obesitas (berat badan berlebihan) atau berat badan yang kurang
  • Stres berat
  • Konsumsi makanan yang tidak teratur
  • Penyakit organ reproduksi seperti myoma dan PCOS
  • Gangguan hormonal seperti tiroid
Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika haid yang Anda alami keluar sedikit dan terjadi lebih panjang karena hal tersebut masih normal, namun jika haid yang terjadi terus berkepanjangan hingga lebih dari 15 hari. Sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda juga bisa berkonsultasi secara online chat ke dokter kandungan. Selalu konsumsi makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih, hindari rokok dan alkohol, terapkan pola hidup sehat.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil