02 Dec 2020, 20:47Kandungan

Apakah haid maju atau mundur itu wajar?

IK
Info Penanya: IK0
Dok saya mau nanya kalo haid maju atau mundur itu hal wajar apa engga soal nya setalah saya berhubungan intim haid jadi maju 5 hari ..dulu waktu bulan oktober saya haid tanggal 28 lalu bulan november saya haid tanggal 23 apakah masih normal apa engga dok
462 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang IK,Menstruasi yang normal adalah terjadi setiap 21 hari sampai 35 hari sekali. Menstruasi juga bisa maju atau mundur setiap bulannya, dimana hal ini bisa dipengaruhi oleh beragam faktor seperti masalah kesehatan, masalah hormon, aktivitas sehari-hari, ataupun karena kondisi psikologis.Jika berhubungan intim tidak menggunakan kontrasepsi maka ada kemungkinan terjadinya kehamilan, untuk itu perlu perhatikan. Jika belum menginginkan kehamilan, gunakan alat kontrasepsi seperti kondom atau pil KB.

Siklus menstruasi dan kesehatan reproduksi

Siklus menstruasi sendiri berpengaruh juga dengan kondisi kesehatan organ reproduksi, untuk itu jika siklus menstruasi sering tidak teratur, lebih cepat dari 21 hari atau sering terlambat, perlu dipastikan apa yang jadi penyebabnya pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan hormon dan juga pemeriksaan USG.Beberapa hal yang dapat dilakukan agar siklus menstruasi kembali lancar diantaranya adalah:
  • Memperbaiki gaya hidup
  • Cukup istirahat
  • Olahraga rutin
  • Perbaiki pola makan 
  • Kendalikan dan kelola stres dengan baik
Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil