12 Nov 2020, 05:36Kandungan

Haid tidak teratur pasca melahirkan, kenapa?

RA
Info Penanya: RA, Wanita, 26 Tahun
Dok mau tanya. Setelah melahirkan bulan februari saya tidak haid, dapet haid baru bulan september. Tapi sampai sekarang tidak dapet haid lagi dok itu kenpa yaa..
170 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, RA.Setelah melahirkan, hormon seorang wanita tidak serta-merta langsung kembali seperti saat sebelum hamil. Memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 6-24 bulan (bervariasi setiap wanita) agar hormon benar-benar kembali normal. Jadi, apabila dalam rentang waktu tersebut haid belum teratur, hal tersebut adalah wajar dan tidak perlu dikhawatirkan berlebihan.Agar hormon lebih cepat kembali normal, Anda dapat mencoba untuk melakukan gaya hidup sehat, yaitu:
  • mengonsumsi makanan bernutrisi yang bervariasi (karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin, mineral)
  • olahraga rutin 3-4 kali per minggu dengan durasi minimal 30 menit
  • cukupi kebutuhan tidur 7-9 jam per hari
  • tidak merokok atau menjadi perokok pasif
  • melakukan yoga atau meditasi agar tingkat stres terkendali
Lama-kelamaan, siklus haid Anda akan kembali normal. Apabila haid sudah normal, maka Anda sudah subur kembali dan kehamilan selanjutnya dapat terjadi. Perlu diketahui bahwa mungkin saja saat ini Anda sudah dapat hamil, karena haid sudah pernah dialami walaupun hanya sekali.Jadi, apabila Anda bermaksud untuk mencegah kehamilan, pertimbangkan untuk menggunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom, pil, suntik, implan, atau IUD. Masing-masing kontrasepsi memiliki manfaat, efek samping, dan jangka waktu pakai yang berbeda. Diskusikan dengan suami, atau konsultasikan kepada dokter kandungan untuk menentukan jenis kontrasepsi yang tepat untuk Anda dan pasangan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kehidupan pasca melahirkanhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil