Bagaimana taunya hamil atau tidak?

SH Info Penanya: SH, Pria, 27 Tahun
Halo dok.. Saya mau tanya, lepas melahirkan saya kb suntik 1 bulan dan di bulan berikut saya lupa untuk suntik kb dan sudah 4 minggu saya tidak suntik kb dan saya sudah melakukan hubungan intim dengan suami dan sampai sekarang belum turun haid.. Apa saya hamil?? Bagaimana cara agar bisa tau saya hamil at tidak hamil dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SH,

Cara sederhana untuk mengetahui sedang hamil atau tidak adalah dengan pemeriksaan tes pack menggunakan urin pagi yang pertama kali keluar saat bangun tidur.

Idealnya tes pack ini dilakukan 7 hari setelah terlambat haid, karena pemeriksaan yang terlalu cepat hasilnya tidak akurat.

Perihal kasus Anda yang lupa suntik KB dan sudah berhubungan seksual, maka bisa saja terjadi kehamilan, atau terlambat haid karena efek samping KB. Karena pada beberapa wanita, efek samping lepas KB bisa mengganggu siklus haid dan berlangsung beberapa bulan hingga 1 tahun.

Bila terlambat haid disertai dengan keluhan mual, muntah di pagi hari, lemas, pusing, tidak napsu makan, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan tes pack. Namun bila tidak ada keluhan tersebut yang mungkin perlu Anda lakukan adalah pola hidup sehat.

Pola hidup sehat yang perlu Anda terapkan adalah:

  1. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.
  2. Hindari gorengan dan makanan berlemak agar berat badan tidak semakin bertambah.
  3. Olahraga secara teratur, bisa bersepeda, senam atau yoga di rumah.
  4. Banyak minum air putih.
  5. Cukup tidur.

Bila hasil tes pack Anda negatif, dan 3 bulan tetap tidak haid, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi organ reproduksi Anda apakah ada masalah atau tidak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.