Apakah berhubungan setelah menstruasi menyebabkan hamil?

RM Info Penanya: RM
Hallo dok,Apakah beres haid lalu berhubungan intim di waktu yang sama akan mengakibatkan hamil atau tidak?Meskipun itu juga keluar di luar.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Waktu pembuahan yang baik dalam melakukan hubungan seks adalah pada masa subur wanita. Pada umumnya peluang kehamilan akan meningkat saat wanita berovulasi.

Pembuahan dapat terjadi ketika sel telur bertemu dengan sperma. Jika sperma tidak berada dalam saluran tersebut, maka peluang kehamilannya kecil atau hampir tidak ada. Saat ovulasi sperma harus ada dalam saluran tuba falopi wanita. Ovulasi terjadi sekitar dua minggu sebelum dan sesudah Anda menstruasi. Masa itu berkisar antara 12 dan 16 hari sebelum atau juga setelah haid terakhir.

Pada saat haid, Anda akan melepaskan sel telur yang tidak terpakai, dan jika Anda melakukan hubungan seks setelah haid berakhir, pada masa itu, rahim Anda akan mempersiapkan lagi sel telur untuk dibuahi. Jadi jika Anda berhubungan setelah haid, kemungkinan untuk terjadinya kehamilan rendah, namun masih ada peluang untuk terjadinya kehamilan karena di dalam rahim sperma masih bisa hidup 3-5 hari.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
03 May 2020, 10:42
Dok saya mau nanya, Saya seks dengan istri, istri saya selesai haid tgl 14 , lalu saya seks tgl 24 , 3-4 hari kemudian tgl 27 istri saya Mens, Apakah bisa hamil Dok, Tapi saya 2kali ejakulasi di luar vagina dok? Dan sudah 1minggu istri saya mens, apa bisa hamil dok, tidak ya???? Makasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 18:56
Hi, AR.
Tidak akan terjadi kehamilan karena istri Anda sudah 2x mens sejak terakhir kali Anda melakukan hubungan badan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.
Salam sehat.
Dibalas oleh AR
15 May 2020, 20:28
Kenapaa tidak terjadi kehamilan?, ada penjelasan nya dok?.....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
16 May 2020, 11:01
Selamat siang AR,
Mengacu kepada pertanyaan Anda tanggal 3 Mei, istri Anda tidak hamil karena sudah haid setelah berhubungan.
Tetapi, jika setelah haid Anda melakukan hubungan seks kembali, maka tentunya akan ada kemungkinan hamil lagi. Jika ragu, Anda bisa meminta istri melakukan testpack apabila sudah terlambat haid ya.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri sperma yang baik adalah yang “kuat” untuk bisa sampai ke sel telur

Ciri-Ciri Sperma yang Baik, Kenali dari 3 Indikator Ini

Ciri-ciri sperma yang baik dinilai dari jumlah, bentuk, dan gerakannya. Dari jutaan sperma yang keluar saat ejakulasi, pada akhirnya hanya ada satu yang berhasil untuk membuahi sel telur.