21 Mar 2021, 20:24Kandungan

Haid dua kali dalam satu bulan, apa penyebabnya?

MD
Info Penanya: MD0
Slmt MLM dokter Ini aku mau tanya dok .... Kalo seumpama awal bulan Maret Sy haid selama 10 hari Nah trs di pertengahan bulan Maret Sy haid LG kira kira ith knph y dok ?
173 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, M.Rata-rata wanita memiliki jarak antarhaid selama 28 hari. Namun, jarak antarhaid yang normal sebenarnya memiliki rentang 21-35 hari, dan berbeda-beda pada tiap individu. Jadi, mungkin saja ada seseorang yang mengalami haid dua kali dalam satu bulan. Misalnya, wanita tersebut memiliki jarak antarhaid 25 hari, sehingga haidnya akan jatuh tanggal 1 dan 26 di bulan yang sama.Namun, apabila jarak antarhaidnya kurang dari 21 hari, maka hal tersebut tergolong tidak normal. Terkait kondisi Anda, apabila awal Maret (asumsi tanggal 1) Anda haid, dan pertengahan Maret (asumsi tanggal 15) Anda haid lagi; maka jaraknya adalah 15 hari. Ini termasuk siklus haid yang terlalu pendek, dan dapat terjadi apabila ada ketidakseimbangan hormon tubuh.Beberapa penyakit atau kondisi yang memicu hormon tidak seimbang adalah:
  • kegemukan
  • diabetes melitus
  • gangguan tiroid
  • depresi
  • kista ovarium
  • PCOS
Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menjaga keseimbangan hormon dengan menjalankan pola hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih yang cukup, dan lakukan olahraga 3-4 kali seminggu. Upayakan juga menjaga kesehatan mental dengan cara melakukan meditasi secara teratur.Pemeriksaan kepada dokter kandungan juga boleh dilakukan, terutama apabila keluhan Anda disertai dengan pusing, lemas, atau nyeri perut hebat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil