05 Nov 2021, 18:35Kandungan

Penyebab menstruasi 2 kali dalam sebulan

VF
Info Penanya: VF0
assalamualaikum dok ,saya mau nanya nie..saya kan haid nie misalnya di tgl 20, udah seminggu berenti.. terus selang beberapa hari, masih suka keluar darah lagi..kadang banyak, kadang dikit gitu dok .. terus saya juga, suka sakit diperut kaya melilit begitu kalau haid yang pertama itu yang tgl 20 itu.. kalau yang ke 2 itu mahh biasa aja, cuma warna darahnya gak terlalu pekat kaya yang pertama itu sii.. itu gimana ya dok kira²..saya udah begitu, sekitar 4blnan dok ..haid sebulan 2x.. mohon bantuan
105 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat malam, VF.Menstruasi yang normal dialami wanita adalah sekali dalam sebulan. Namun, tidak jarang beberapa wanita mengalami menstruasi 2 kali dalam sebulan. Apakah hal ini normal?Bila menstruasi 2 kali dalam sebulan dengan pola menstruasi pertama pada awal bulan dan menstruasi kedua terjadi pada akhir bulan maka hal ini masih dalam tahap normal atau wajar. Bagaimana menstruasi hanya selang beberapa hari atau minggu?

Penyebab menstruasi 2 kali dalam sebulan :

  • Darah yang keluar adalah sisa darah haid sebelumnya. Umumnya darah akan bewarna cokelat, volume darah sedikit serta durasinya lebih cepat dibandingkan menstruasi sebelumnya.
  • Tingkat atau level hormon yang tidak seimbang. Bisa disebabkan stress, kelelahan, tidur yang tidak cukup, perubahan berat badan.
  • Adanya penyakit pada sistem reproduksi. Baik itu infeksi bakteri atau virus, tumbuhnya jaringan pada organ reproduksi.

Cara sederhana untuk mengatasi hal ini :

  • Jalani gaya hidup yang sehat, seperti tidur yang cukup, olahraga rutin, pola makan yang seimbang dan sehat.
  • Atasi stress dengan relaksasi, meditasi, yoga, mencari hiburan
Bila kondisi ini sudah berlangsung selama 4 bulan lebih baik periksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan terapi yang tepat.Anda juga dapat membaca forum yang sama dengan pertanyaan anda dibawah ini :Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
kesehatan kandunganhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil