Kepala berdenyut, pusing, dan hidung terasa pedih

SU Info Penanya: SU, Pria, 4 Tahun
Selamat siang dok, izin bertanya dok, apa yg mengakibatkan kepala saya denyut2 terus sok,lalu sering pusing, dan jika saya tutup lobang hidung sambil mengeluarkan nafas dari hidung terasa pedih dok, mohon penjelasannya dok masalahnya dimana, terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Kepala berdenyut dan pusing adalah sensasi tidak menyenangkan yang pernah dirasakan siapa saja. Hal ini bisa dirasakan pada skala ringan sampai berat, dan apabila berat bisa dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab kondisi ini bervariasi, dan bisa berhubungan dengan hidung terasa pedih ataupun tidak.

Salah satu penyakit yang dapat menimbulkan gejala kepala berdenyut dan hidung pedih secara bersamaan adalah infeksi pada selaput lendir hidung (rhinitis), yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, alergen, ataupun persarafan hidung. Selain itu, hal ini juga dapat disebabkan oleh infeksi rongga sinus (sinusitis).

Tetapi, ada juga kemungkinan bahwa keluhan Anda didasari oleh dua penyakit yang berbeda. Apabila ingin mengetahui penyebab pastinya, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis saraf atau dokter spesialis THT. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti misalnya rontgen kepala posisi waters atau CT scan.

Untuk sementara, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi keluhan yang dialami:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya magnesium, seperti pisang dan brokoli
  • Menghindari makanan yang pedas dan berminyak
  • Minum air putih hangat, atau air rebusan jahe hangat
  • Pastikan udara yang dihirup bersih, dimana debu, asap, dan polusi hanya dalam kadar minimal
  • Tidur teratur dan tidak begadang

Tetapi, apabila tak kunjung membaik, atau disertai demam, mual, muntah, atau napas berbau, segera pastikan penyebab kondisi Anda, seperti yang telah dijelaskan di atas, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)