05 Oct 2020, 13:12Kepala

Tension headache

SJ
Info Penanya: SJ0
Selamat siang dok, sudah lebih dari seminggu kepala bagian belakang saya sakit. Lalu 3 hari yang lalu saya konsul ke dokter dan katanya kemungkinan itu tension type headache, lalu saya dikasih obat iremax. Tapi sampai saat ini sakitnya belum hilang sempurna dok, kadang terasa sudah mendingan, tapi menjelang siang saat dan setelah aktivitas terasa sakit lagi. Apa itu wajar dok dalam tension headache? Atau bagaimana ya dok? Terima kasih sebelumnya
548 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SJ,Sakit kepala adalah kondisi yang bisa ditimbulkan oleh gangguan pada struktur kepala itu sendiri atau disebut sakit kepala primer yang jenisnya bisa sakit kepala tipe tegang, sakit kepala cluster, migraine dan ada juga sakit kepala sekunder atau sakit kepala yang disebabkan karena penyakit lainnya seperti misalnya sakit gigi, demam, benturan kepala dan beragam penyebab lainnya.

Penyebab sering sakit kepala

Sakit kepala primer seperti tension type headache biasanya disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup juga seperti:
  • Kurang tidur
  • Pola makan yang kurang baik
  • Kurang asupan cairan
  • Masalah otot yang tegang 
  • Postur tubuh yang kurang baik saat duduk, tidur, atau berdiri 
  • Stres
  • Kurang aktivitas fisik
Untuk itu perlu menjaga dan memperbaiki kesehariannya agar sakit kepala tidak sering kambuh. Jika sakit kepala datang bisa coba minum pereda nyeri seperti parasetamol, kompres dengan air hangat, mandi air hangat, atau bisa lakukan pijatan ringan di area bahu dan leher belakang. Jika keluhan sakit kepala terus berulang atau semakin berat, bisa periksakan diri pada dokter spesialis saraf agar dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan lab darah ataupun pemindaian dengan CT scan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips kesehatansakit kepalasakit kepala clustersakit kepala tegang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil