17 Apr 2021, 05:32Jantung

Berapa tekanan darah dan detak jantung yang normal ?

SF
Info Penanya: SF0
Dok kemarin sebelum saya vaksin ada pemeriksaan tensi darah. Dan hasilnya angka baris pertama 117, angka baris kedua 93, dan angka baris ketiga 120. Yang ingin saya tanyakan, angka 120 itu menunjukan apa ya dok? Lalu dengan hasil seperti di atas, apakah tekanan darah saya normal?
2980 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, S.Salah satu skrining sebelum vaksin corona adalah tekanan darah yang normal. Selain tekanan darah, skrining berupa pertanyaan seputar usia, riwayat terinfeksi covid sebelumnya, kontak dengan pasien covid, kehamilan dan menyusui, riwayat penyakit seperti ispa, diabetes, jantung, autoimun, ginjal, saluran cerna, hipertiroid dan hipotiroid. Pasien yang lulus skrining akan diberikan vaksin corona.

Apa maksud dari tekanan darah 117/93 mmHg saat skring vaksin corona ? 

Saat Anda ditensi oleh petugas kesehatan, baris pertama yang menunjukkan 117 merupakan tekanan sistolik, sedangkan baris kedua yaitu 93 merupakan tekanan diastolik. Ini merupakan tekanan darah sistolik yang normal namun diastolik sedikit meningkat. Tekanan darah normal sekitar 120/80 mmHG untuk orang dewasa. Tekanan sistolik normal namun diastolik meningkat disebabkan oleh obat tertentu seperti pereda nyeri, anti radang, pil KB, obesitas, tidak aktif bergerak, makan tinggi garam, dan konsumsi alkohol.Baris ketiga yang menunjukkan 120 adalah detak jantung. Detak jantung normal pada orang dewasa sekitar 60-100 kali/menit. Detak jantung dapat meningkat (takikardia) dalam kondisi normal seperti stress, takut, cemas, emosi, habis olahraga, konsumsi alkohol dan kafein, maupun akibat penyakit darah tinggi, gangguan irama jantung, gangguan elektrolit, dan hipertiroid.Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup yang baik, rajin olahraga, jaga BB ideal, konsumsi makanan sehat, kontrol rutin kesehatan di dokter penyakit dalam. Walau sudah divaksin corona, tetap jalankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menghindari keramaian, mencuci tangan dengan benar, dan menggunakan masker.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil