02 Dec 2020, 18:19Pernapasan

Penyebab tenggorokan terasa mengganjal dan penatalaksanaannya

R
Info Penanya: R0
Salam dok,gini tenggorokkan saya kenapa yahh tadi siang kan ngerasa ada yang ganjel,gak enak banget,saya udah minum tepi tetep aja gak enak ,nah pas saya mangap saya liat di kaca tuh,di tenggorokkan saya deket yah pita suara dibawah nyahh itu kaya ada lidah kecill tapi gak munggkin,apa itu kulit yang terkelupas atau katupp keluar masuk,napas pun kegannggu jadi sesak tolong dokk kasihh saya penjelasan kenapa dan bagaimana mengobaatinya
327 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo R,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Tenggorokan merupakan tempat keluar masuk makanan dan udara, jika ada sesuatu yang seharusnya tidak ada di tenggorokan, ini dapat menyebabkan sumbatan. Sumbatan ini dapat sebagian atau total yang berbahaya karena dapat mengganggu pernafasan sehingga dada terasa sesak.

Penyebab tenggorokan terasa mengganjal dan penatalaksanaannya

Penyebab tenggorokan terasa mengganjal dan penatalaksanaannya antara lain :
  • Peradangan pada pita suara
Peradangan pada pita suara ini dapat diikuti pita suara yang membengkak, sehingga terasa mengganjal, suara menjadi serak, dan tenggorokan terasa nyeri. Ini dapat diakibatkan teriak atau menjerit yang berlebihan. Anda dapat mengisitrahatkan pita suara untuk tidak berbicara terlalu banyak.Sumbatan makanan yang kecil atau tulang ikan sering terjadi. Ini dapat menimbulkan rasa enak di tenggorokan, dapat disertai batuk untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Cara mengatasinya Anda dapat minum air putih, dan makan nasi yang sudah dibulatkan dengan tujuan tulang ikan dan makanan akan ikut turun bersama nasi.
  • Tonsilitis / amandel
Penyebab amandel bisa karena viru, bakteri, atau alergi makanan. Amnedel biasanya terjadi pada anak-anak tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada orang dewasa. Cara penatalaksanaannya dengan mengobati penyebab yang ada.
  • ISPA
Saat terjadi infeksi saluran nafas baik yang atas maupun bawah, tubuh berusaha untuk mengeluarkan sumber infeksi tersebut dengan cara meperbesar konka di hidung, produksi lendir di saluran nafas, dan ini dapat menimbulkan rasa megganjal di tenggorokan dan rasa sesak di dada.

Yang dapat Anda lakukan

Yand dapat Anda lakukan adalan :
  • Tingkatkan imun tubuh
  • Minum air putih yang cukup
  • Istirahat
  • Olahraga teratur
  • Makan buah dan sayur
  • Minum vitamin yang mengandung vit C dan zink
Jika tenggorokan Anda terus terasa mengganjal, diikuti suara yang serak, sesak nafas, penurunan berat badan, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter THT.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi saluran pernapasanamandelgangguan pita suara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil