Tenggorokan seperti ada yg mengganjal sedang stroke

GR Info Penanya: GR, Pria
Dok tenggorokan saya seperti ada yg mengganjal bagaimana menangani secara alami, kondisi saya sast ini sedang stroke ringan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GR,

Rasa mengganjal pada tenggorokan bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah gangguan saraf yang berkaitan dengan organ lidah, bisa terjadi gangguan karena strokenya yang mengganggu koordinasi kerja otot leher, masalah di saluran pernapasan, masalah di pencernaan seperti gangguan maag atau asam lambung. Tidak jarang juga bisa disebabkan oleh masalah psikologis seperti cemas atau stres.

Untuk mengetahui ada tidak masalah dalam menelan bisa coba diperhatikan apakah kesulitan untuk menelan makanan atau rasa tidak nyaman di tenggorokan, jika lebih pada rasa nyeri di tenggorokan ataupun rasa tidak nyaman bisa terjadi karena radang tenggorokan atau pembesaran amandel juga.

Upayakan mengonsumsi makanan yang lebih mudah dicerna, minum air putih lebih banyak, hindari makanan yang mengiritasi lambung dan tenggorokan seperti makanan berminyak, berlemak, makanan pedas, asam ataupun minuman yang mengandung kafein. Jika ada nyeri ulu hati dan juga rasa tidak nyaman di tenggorokan bisa konsumsi antasida tablet sebelum makan dan minum parasetamol setelah makan untuk meredakan nyeri.

Periksakan kondisi pada dokter spesialis saraf jika tidak ada perbaikan atau keluhan semakin mengganggu. Perlu menjaga kesehatan juga terutama kadar lemak darah dan tekanan darah agar tidak terjadi stroke kembali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kolesterol tinggi sebenarnya tidak ada, yang ada yaitu pemicunya seperti obesitas.

Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya dengan Sederhana

Ada sejumlah pemicu yang bisa menimbulkan gejala kolesterol tinggi. Oleh karena itu, kenali kondisi-kondisi yang menjadi pemicu tersebut, agar Anda bisa terhindar dari kolesterol tinggi.