Tenggorokan gatal dan panas dingin, penyakit apa ya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Selamat siang dokter, saya belakangan ini mengalami gejala tenggorokan sedikit gatal, tidak pilek, suhu tubuh kadang meningkat, kadang normal, tubuh saya sedikit nyeri dok, terutama di bagian pinggang, karena saya masih kuliah dok dan posisi duduk saya kadang membungkuk dok, hir akhir ini saya sering begadang dok karena sedang ujian, saya rutin minum vit. C dok, saya jarang keluar rumah dok, kalaupun keluar, saya selalu CTPS dok, kira kira gejala saya itu menandakan apa ya dok? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Tenggorokan gatal yang disertai panas dingin kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi pada tenggorokan atau bagian saluran napas lainnya. Infeksi tersebut bisa disebabkan oleh bakteri, virus, maupun alergen. Beberapa contoh penyakit yang memiliki gejala tersebut adalah faringitis, batuk alergi, dan COVID-19.

Sedangkan pinggang terasa nyeri yang disertai dengan riwayat posisi duduk membungkuk kemungkinan besar disebabkan oleh nyeri otot, tulang, atau sendi. Kondisi ini biasanya ringan dan tidak menyebabkan komplikasi, selama kebiasaan yang dilakukan tidak berlangsung terus-menerus.

Nah, kedua keluhan di atas sebenarnya dapat sembuh sendiri dengan kekebalan tubuh yang kuat, serta pola hidup yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya segera hentikan kebiasaan begadang yang Anda lakukan, karena dapat menurunkan imun. Anda dapat mencoba tidur lebih awal dan bangun lebih pagi untuk belajar bahan ujian. Jangan lupa untuk menggunakan bangku dan meja yang sesuai saat belajar.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, agar kandungan vitamin yang diserap tubuh lebih lengkap (A, B, C, D, E, K). Pertahankan kebiasaan mencuci tangan Anda, ya.

Jika keluhan tidak kunjung membaik atau disertai demam tinggi serta sesak napas yang hebat, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam, ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan seperti radiologi atau laboratorium, kemudian memberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui mitos fakta masker akan membuat Anda lebih siap dalam menghadapi new normal

Wajib Tahu, Mitos Fakta Memakai Masker untuk Beraktivitas di Era New Normal

Sejak pandemi Covid-19, seluruh masyarakat diimbau untuk memakai masker terutama jika bepergian. Akan tetapi, terdapat berbagai mitos seputar penggunaan masker yang bisa membuat masyarakat keliru. Memahami fakta sebenarnya mengenai pemakaian masker akan membantu Anda lebih siap menghadapi era new normal.