02 May 2021, 04:12Penyakit Lainnya

Apakah radang tenggorokan bisa mencetuskan nyeri dada ?

AN*
Info Penanya: AN*0
Halo dok, pas hari pertama itu radang tenggorokan (saya search di sehaq)disertai pusing pas malam harinya nah keesokan harinya saya beli oskadon biar rasa pusing hilang,dan adem sari,saya minum dgn jarak 20menitan setelah 1hari pusingnya udh hilang dan juga pegal pegal,lalu kemarin dada saya sesak diki dan panas dikit,kalo batuk lebih terasa,dan kemarin siang saya minum strepsil ketika buka puasa sama sahur,tpi tenggorokan hanya sedikit sembuh,dan tadi malam susah tidur jantung saya nyeri,itu kn
339 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Radang tenggorokan adalah keluhan yang sering dialami baik pada anak maupun orang dewasa. Radang tenggorokan menimbukan rasa tidak nyaman terutama saat menelan. Jika tidak dipaksakan untuk tetap makan dan minum, radang tenggorokan akan lebih lama sembuh. 

Apa penyebab radang tenggorokan yang disertai nyeri dada ?

Anda yang mengalami radang tenggorokan biasanya diikuti pula dengan malas makan, atau telat makan, sehingga selain memperlama penyembuhan maka radang tengggorokan juga memicu magh. Asam lambung yang meningkat membuat kerongkongan yang terdapat di rongga dada menjadi iritasi, perih dan panas. Selain karena asam lambung, nyeri dada bisa disebabkan oleh batuk.Penyebab radang tenggorokan tersering adalah virus yang bersifak self limiting disease atau sembuh dengan sendiri jika imunitas tubuh baik. Selain virus, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh bakteri. 

Apakah radang tenggorokan boleh mengkonsumsi strepsil ?

Anda boleh mengkonsumsi strepsil dan oscadon yang kandungannya antipiretik serta anti nyeri. Boleh ditambah pula dengan konsumsi vitamin. Namun jika keluhan tidak membaik, malah bertambah berat terutama nyeri dada diikuti keringat dingin, menjalar hingga rahang dan lengan, segere ke dokter spesialis jantung ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
maagradang tenggorokannyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil