07 Aug 2020, 23:09Penyakit Lainnya

Sakit tenggorokan disertai demam naik turun, karena apa ?

MA
Info Penanya: MA, Wanita, 21 Tahun
Selamat malam dok, saya sudah 3hari ini tenggorokan sakit dan demam tetapi naik turun. Misal demam 2jam lalu turun lagi suhu tubuhnya. Sekarang suhu tubuh saya sudah normal tetapi masih sakit tenggorokan dok (tidak batuk,pilek,bersin) hanya sakit tenggorokan dan demam turun naik. Kira kira kondisi tubuh saya sedang kenapa ya dok?terimkasih. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.
11313 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, MA.Sakit tenggorokan merupakan sensasi nyeri pada daerah tenggorokan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan kondisi medis. Beberapa kondisi medis yang sering menimbulkan keluhan sakit tenggorokan ialah peradangan serta infeksi saluran napas, seperti flu ataupun pilek. Sejatinya sakit tenggorokan dengan faktor penyebab yang ringan dapat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan waktu yang relatif singkat. Hal ini dapat pula berhubungan dengan daya tahan penderita saat mengalami sakit tenggorokan tersebut.Mengenai keadaan sakit tenggorokan Anda yang disertai dengan demam umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Infeksi tersebut dapat mengakibatkan kondisi medis radang pada berbagai organ di tenggorokan baik berupa faringitis, tonsilitis hingga laringitis. Untuk memastikan faktor penyebab yang tepat, ada baiknya diperiksakan pada dokter terdekat atau pada dokter THT secara langsung.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba cara alami berikut terlebih dahulu, seperti :

  • mengonsumsi air rebusan jahe yang diberi madu murni organik da air perasan lemon
  • berkumur dan menelan sedikit larutan cuka apel
  • berkumur dengan air garam atau air yang diberi baking soda
  • berkumur dengan miyak kelapa (extra virgin coconut oil)
  • dan lain-lainnya
Anda pun dapat menngonsumsi obat peredan nyeri yang juga berfungsi sebagai penurun demam bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek. Jika dalam 7 hari demam masih dirasakan naik turun dan nyeri tenggorokan tidak kunjung membaik, segeralah memeriksakan diri.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
radang tenggorokandemamsakit tenggorokan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil