Tenggorokan sakit dan tengkuk belakang telinga sakit

DS Info Penanya: DS, Pria, 57 Tahun
Selamet pagi, tante saya usia 63 tahun tenggorakannya sakit ada flu, tengkuk bagian belakang telinga sakit, gejala apa dan obatnya apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Keluhan pada tante Anda bisa timbul karena beberapa penyebab dan bisa timbul karena lebih dari satu penyebab yang terjadi bersamaan. Timbulnya nyeri tenggorokan dan batuk pilek bisa karena infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan salah satunya karena radang tenggorokan, ISPA ataupun flu. Keluhan juga bisa disertai sakit kepala, demam, sesak, ataupun keluhan lainnya. Untuk sementara bisa diatasi dengan beristirahat, banyak minum air putih ataupun mengonsumsi parasetamol untuk meredakan nyeri. Bisa juga dengan mengonsumsi madu atau lemon dan berkumur dengan air garam untuk mengurangi sakit tenggorokan.

Nyeri pada tengkuk dan sakit kepala sendiri bisa menjadi bagian dari flu dan sakit tenggorokan ataupun bisa karena gangguan pada area tersebut baik otot yang tegang, pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi lain pada tubuh, infeksi telinga ataupun postur tubuh yang kurang baik saat beraktivitas. Untuk itu bisa dikurangi gejalanya dengan mengompres bagian yang nyeri menggunakan kompres dingin atau hangat, perbaiki postur tubuh saat beraktivitas baik saat duduk ataupun tidur dan juga melakukan relaksasi dengan mandi air hangat atau melakukan pijatan ringan di area tersebut. 

Jika lebih dari 2 hari keluhan masih menetap atau bertambah maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan diberikan penanganan baik pemberian obat flu ataupun obat lain sesuai penyebabnya jika ada infeksi atau peradangan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

HJ
17 Oct 2019, 13:09
Slamat siang, saya Rosmaida, saya mau menanyakan, saya mengalami tulang keropos sudah 15 THN, kakinya sudah membengkok, tidak bisa lurus lagi, dan TDK bisa berdiri. Jari tangan dan kaki semua bengkok dan kaki. Tolong kasih solusi nya ya dokter. Trimakasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berhubungan seksual dengan pasangan dapat menjadi solusi untuk mengatasi migrain

Benarkah Berhubungan intim Bisa Jadi Cara Mengatasi Migrain?

Migrain yang kambuh menjadi suatu permasalahan yang menyulitkan. Namun, riset menunjukkan bahwa berhubungan intim dapat menjadi cara mengatasi migrain serta mampu meningkatkan hasrat seksual atau libido.