Tenggorokan sakit buat menelan disertai panas dan pilek

AD Info Penanya: AD
Selamat pagi dok, dok saya mau tanya obat dan diagnosa sakit saya.Sudah 4hari ini saya tenggorokannya sakit buat nelen, amandel saya kaya sariawan gitu dok kalo buat nelen sakitnya merambat ke kepala juga dok sampe leher bagian belakang pegel tadine yang sakit buat nelen sebelah kanan merambat ke telinga kanan sekarang pindah ke kiri dok, terus ngga bisa tengak tengok, kalo buat bersin kepalanya juga sakit banget dok. Badannya panas + pilek juga dok .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A, 

Berdasarkan keluhan yang aAda alami. Anda mengalami radang tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan ini disebabkan karena virus dan bakteri. Gejala yang sering dikeluhkan rasa sakit, kering, terbakar, gatal di tenggorokan, nyeri menelan, sulit untuk berbicara, dan amandel akan terlihat merah. Dapat juga disertai gejala lain seperti hidung tersumbat, batuk, demam, pegal-pegal dan sakit kepala.

Untuk meredakan keluhan yang anda alami, disarankan:

  • untuk minum air hangat 8 gelas per hari atau lebih. 
  • menurut penelitian konsumsi air garam setengah sensok teh dicampur satu cangkir air hangat dapat membantu meredakan radang tenggorokan
  • hindari rokok
  • istirahat yang cukup.

Ketika gejala tidak membaik dan disertai kesulitan bernafas, menelan sakit, terdapat ada darah, sakit ditelinga, demam lebih dari 38 derajat celcius, suara serak lebih dari 2 minggu disarankan untuk menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih detail dan dokter akan menyarankan obat sesuai keluhan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelumpuhan pita suara bisa menyebabkan suara menjadi serak, seperti saat tenggorokan kering

Sakit Tenggorokan? Bisa Saja Penyebabnya Kelumpuhan Pita Suara

Sakit tenggorokan tidak melulu disebabkan oleh batuk atau flu. Bisa saja, penyebabnya adalah kelumpuhan pita suara, yang gejalanya serupa dengan kedua penyakit tersebut.