Tenggorokan tidak enak paska konsumsi mie, apakah ada yang menyangkut ?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 18 Tahun
Maap dok ijin bertanyaa, kemarin kemarin saya makan seblak mie gulung gitu sama kwitiaw, nah pas dimakan ternyata mie gulungnya ketelen satu utuh gituuu terus tenggorokannya jadi ngga enak apa itu tandanya mienya masih nyangkut di tenggorokan?? Tapi makan lancar ngga ngerasa terhambat, kaya biasa aja makan mah. Itu gmn ya dok penjelasannya. Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AN.

Tenggorokan tidak enak atau tidak nyaman dapat merupakan salah satu gejala dari adanya iritasi, alergi maupun peradangan pada tenggorokan. Umumnya, keadaan tersebut dipicu oleh konsumsi makanan atau minuman tertentu serta mikroorganisme penyebab infeksi seperti virus atau bekteri.

Mengenai keluhan tenggorokan tidak enak pada Anda yang didahului dengan riwayat konsumsi makanan khususnya mie dan seblak yang banyak mengandung MSG, bumbu pedas dan bahan tidak sehat lainnya, kemungkinan telah mengiritasi tenggorokan Anda, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Perihal mie yang yang telah dimakan, jika tidak ada permasalah menelan sesudahnya maka kemungkinan sudah tertelan dengan baik, namun keadaan iritasi tersebutlah yang memicu sensasi seolah ada yang tersangkut di area tenggorokan.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba beberapa cara alami berikut, yakni :

  • berkumur dengan larutan garam atau baking soda
  • mengonsumsi air rebusan jahe, yang diberi perasan lemon dan sedikit madu murni
  • mengonsumsi susu kunyit
  • mengonsumsi cuka apel
  • mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Jika keluhan berlanjut dan disertai dengan nyeri, kesulitan menelan, demam dan gejala lainnya yang mengkhawatirkan, ada baiknya untuk diperiksakan secara langsung ke dokter terdekat. 

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat minum teh madu

Mengenal Beragam Manfaat Teh Madu Baik untuk Kesehatan

Teh madu merupakan minuman sehat yang kaya akan kandungan antioksidan. Mulai dari batuk, hingga penyembuhan diare dapat diatasi dengan mengonsumsi teh madu.