Mengapa ada rasa mengganjal di tenggorokan?

TC Info Penanya: TC, Wanita, 1 Tahun
Dok saya berumur 23 tahun. Tenggorokan saya terasa mengganjal seperti ad benjolan dan tercekik tapi tenggorokan saya tidak sakit dan saya tidak batuk ataupun plek.itu knapa ya dok.sempat sembuh satu minggu tapi kambuh lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TC.

 

Tenggorokan terasa mengganjal dapat menyebabkan gangguan saat makan ataupun bernapas. Rasa tidak nyaman akan timbul terutama saat proses menelan makanan atau minuman.

Berikut ini kemungkinan penyebab terjadinya rasa mengganjal pada tenggorokan:

  • Cedera pita suara, ditandai dengan adanya benjolan nodul ataupun polip pada pita suara, keluhannya berupa sakit pada tenggorokan dan suara serak, hal ini dapat ditimbulkan akibat berteriak atau menjerit berlebihan.
  • Peradangan pada pita suara yang akan mengakibatkan suara serak dan bahkan hilangnya suara
  • Radang pada amandel hingga amandel bengkak, benjolan di leher yang dapat diraba kemudian jika sedang meradanga akan terasa nyeri dan demam.
  • Reaksi emosional contohnya kondisi cemas, stres, dan depresi
  • Radang tenggorokan ditandai dengan nyeri ketika menelan
  • Produksi lendir berlebihan yang masuk ke tenggorokan misalnya dalam kondisi flu
  • Gangguan pergerakan otot leher
  • GERD (Gastroesophagela Reflux Disease) terjadi akibat meningkatnya asam lambung, sehingga menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal, selain itu juga bisa terjadi sesak napas, sakit dada, tenggorokan panas, rasa pahit dimulut dan batuk kering.

Untuk memastikan keluhan yang Anda alami Anda dianjurkan untuk ke dokter spesialis THT dikarenakan harus diperiksa secara fisik, dan dilakukan pemeriksaan penunjang, kemungkinan-kemungkinan diatas bisa saja terjadi pada diri Anda oleh karena itu harus segera dipastikan penyebab penyakitnya agar mendapat pengobatan yang terbaik. Anda sebaiknya tetap banyak minum air putih minimal 2 liter/hari, tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur, menghindari makanan pedas berminyak dan makan makanan yg sehat dengan perbanyak buah dan sayur.

Semoga bermafaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.
Salam Sehat,

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.

Ini yang Terjadi Ketika Anda Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa bukan momen balas dendam. Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.