Kenapa tenggorokan terasa mengganjal?

JB Info Penanya: JB, Pria, 36 Tahun
Dok tenggorokan terasa mengganjal sdh 3minggu gk hilang2 dan sdh di obati tp blm hilang2...obat ya bagus apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore JB,

Tenggorokan yang terasa mengganjal bisa timbul karena beberapa penyebab seperti adanya radang tenggorokan, adanya luka pada tenggorokan, pembesaran kelenjar amandel atau disebut tonsilitis, adanya gangguan saluran pernapasan lainnya.

Jika sudah diobati tetapi masih terasa mengganjal perlu juga perhatikan asupan makanan karena gangguan dari pencernaan seperti asam lambung yang meningkat juga bisa mengiritasi tenggorokan dan membuat sulit menelan dan rasa terganjal.

Jadi ada baiknya memeriksakan diri pada dokter atau dokter THT jika keluhan tidak juga membaik, nantinya akan diberikan penanganan baik dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai dengan kebutuhan seperti misalnya dilakukan pemeriksaan endoskopi untuk menilai permukaan dinding dari saluran tersebut.

Perbanyak minum air putih, makan makanan yang mudah dicerna, hindari makanan pedas, berminyak ataupun yang bisa mengiritasi seperti kopi atau minuman bersoda dan bisa konsumsi paracetamol jika timbul nyeri. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda masuk angin biasanya adalah badan terasa lemas, demam, hidung berair, dan sakit tenggorokan

Musim Pancaroba, Sudah Siapkan Obat Masuk Angin Apa Saja?

Syarat utama meredakan masuk angin adalah memberikan hak tubuh untuk beristirahat. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat masuk angin alami maupun obat yang dapat dibeli di apotek.