Tenggorokan perih disertai batuk berdahak dan sempat keluar darah mengikuti ingus

SB Info Penanya: SB, Pria, 2019 Tahun
Tenggorokan sya perih tpi bkan karna batuk berdahak dan sempat sekali ada darah mengikut ke ingus...itu penyakit apa dok dan cara pengobatnnya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SB

Radang tenggorokan atau faringitis dapat membuat nyeri tenggrokoan dan batuk berdahak, kondisi ini paling sering akibat infeksi bakteri. Jika terdapat perlukaan akibat radang dan iritasi tenggrokan maka dapat memicu keluarnya ingus dan dahak yang bercampur bercak darah. 

Ingus dan dahak berdarah dapat juga berasal dari saluran nafas bagian bawah pada paru, sehingga anda perlu menjalani pemeriksaan dengan dokter. 

Saya sarankan anda istirahat, hindari makanan berminyak,  panas dan pedas, konsumsi makanan lunak sementara waktu dan perbanyak minum air. Untuk radang tenggorokan biasanya dapat diberikan antiinflamasi kortikosteroid atau anti nyeri NSAID, jika terdapat batuk berdahak bapat meminum obat mukolitik seperti ambroxol. Anda juga perlu mendapatkan tambahan antibiotik untuk infeksi bakteri pada tenggrokan berdasarkan intruksi dari dokter. 

Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter umum, jika perlu dapat dirujuk ke dokter THT atau dokter paru. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.