10 Dec 2020, 22:29Pernapasan

Tenggorokan kering gejala covid?

GS
Info Penanya: GS0
Malam dok , saya pria berumur 28 tahun , sudah 2 hari tenggorokan terasa kering seperti haus , akan tetapi tidak ada rasa sakit atau gatal , serta terkadang napas terasa berat , apa itu gejala covid 19 dok . Terima kasih .
2203 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo G, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.Gejala COVID-19 bisa menyerupai influenza, yaitu demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Gejala yang berat ditandai dengan demam tinggi, batuk berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Secara umum, ada 3 gejala utama yang bisa menandakan infeksi COVID, yaitu suhu tubuh di atas 38°C, batuk kering dan sesak napas.Selain gejala ini, ada beberapa gejala lain yang sangat beragam pada setiap orang dan bahkan sering dianggap remeh oleh penderitanya, antara lain :
  • Mudah lelah dan nyeri otot
  • Nyeri dada
  • Mual, muntah atau diare
  • Pilek, bersin-bersin atau hidung tersumbat
  • Menggigil
  • Hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium bau
  • Ruam kulit
Gejala COVID dapat muncul 2-14hari setelah seseorang terpapar virus. Sebagian pasien mengalami mengalami penurunan oksigen tanpa adanya gejala apapun. Untuk memastikan ada tidaknya infeksi COVID, dokter akan menanyakan riwayat kontak Anda dengan  penderita COVID, lalu dokter akan memutuskan untuk melakukan pemeriksaan rapid test antibodi (IgM dan IgG) atau Swab test PCR untuk mendeteksi antigen virus COVID dalam cairan tubuh. Tanpa salah satu dari test ini, akan sangat sulit menentukan seseorang sudah terinfeksi COVID atau belum. Bila pasien memiliki gejala sesak napas yang berat rontgen dada akan dilakukan untuk mendeteksi seberapa banyak paru yang sudah terinfeksi atau terisi cairan.Hasil rapid test COVID-19 yang positif, menunjukkan Anda sudah pernah atau sedang terinfeksi virus Corona, namun hasil negatif tidak menandakan bahwa Anda terbebas dari virus Corona. Hal ini karena yang di tes dalam rapid test adalah antibodi anda terhadap COVID, yang artinya jika anda baru 1 hari terinfeksi, kemungkinan tubuh belum membentuk antibodi yang menyebabkan muncul hasil negatif palsu.Pada beberapa penderita, COVID-19 dapat tidak menimbulkan gejala sama sekali meskipun test swab nya positif, namun penderita ini justru sangat mungkin menularkan COVID kepada orang lain dengan imunitas yang lebih rendah maka sangat dianjurkan adanya isolasi bagi pasien ini.Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika Anda memiliki riwayat kontak dan sedang mengalami gejala diatas. Isolasi mandiri juga dapat sangat membantu agar orang lain tidak tertular penyakit Anda. Salam sehatdr. Evelin Kwandang
infeksi saluran pernapasanpenyakit pernapasancoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil