Tenggorokan gatal, batuk kering dan deg-degan, karena apa ?

BA Info Penanya: BA
Hallo dok, saya mau tanya. Saya ngerasa tenggorokan gatal, jika gatal pasti langsung batuk dan dadanya seperti deg2an dok. Itu kenapa ya dok? Saya agak parno soalnya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BA.

Tenggorokan gatal merupakan rasa tidak nyaman di tenggorokan yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor berupa iritasi, alergi, infeksi serta dehidrasi. Faktor penyebab tenggorokan gatal dapat bersifat ringan maupun lebih seruis. Apabila tergolong pada keadaan yang ringan, tenggorokan gatal biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam hitungan hari.

Berikut beberapa faktor penyebab tenggorokan gatal tersebut, antara lainnya adalah :

  • radang tenggorokan yang dapat meluas hingga kerongkongan
  • dehidrasi
  • rhinitis alergi
  • flu dan pilek
  • sinusitis
  • refluks asam lambung ke kerongkongan (GERD)
  • efek samping konsumsi obat tertentu 
  • infeksi virus lainnya

Mengenai keluhan gatal tenggorokan Anda yang disertai batuk mungkin terjadi karena radang tenggorokan yang umum terjadi. Namun demikian tetap perlu diperiksakan untuk dapat memastikannya. Sedangkan untuk sensasi deg-degan yang dirasakan bisa jadi karena adanya asam lambung yang naik ataupun kecemasan dan kekhawatiran akan keluhan yang dialami. Kendati demikian, apabila tidak disertai demam umumnya lebih aman dan masih dapat ditangani secara mandiri terlebih dahulu di rumah.

Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe yang diberi perasan lemon dan sedikit madu murni. Dibantu pula oleh vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, sehingga dapat kembali pulih dengan lebih cepat.

Apabila keluhan disertai demam, sesak napas dan gejala lainnya yang mengkhawatirkan, periksakanlah ke fasilitas kesehatan terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab biduran kambuh antara lain udara dingin, infeksi, dan alergi makanan

Ini Penyebab Biduran Sering Kambuh dan Cara Menyembuhkannya

Penyebab biduran sering kambuh ada beragam, mulai dari gigitan serangga, infeksi, udara dingin atau panas, hingga sinar matahari. Meski bisa sembuh sendiri, ada beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan.