Gejala corona apakah tenggorokan dingin yang merambat ke dada?

AA Info Penanya: AA, Pria, 20 Tahun
Halo dok, saya mau tanya.Gejala tenggorokan dingin lalu meramba kedada, itu gejala penyakit apa ya dok?.Apakah termasuk gejala corona?.Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

Virus corona adalah virus yang menyerang pernapasan. Di tahun 2019, muncul virus corona jenis baru, yang sampai hari ini masih menjadi masalah kesehatan bagi negara-negara dunia, yang disebut sebagai penyakit COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). WHO juga sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi, karena penyebaran virus yang sangat cepat.

Gejala COVID-19 di antaranya adalah:

  • Batuk, biasanya batuk kering
  • Demam
  • Pilek, hidung tersumbat, atau bersin
  • Nyeri di tenggorokan
  • Nyeri kepala
  • Sesak napas pada dada

Gejala COVID-19 mirip dengan gejala penyakit lain, seperti influenza, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), pneumonia, dan sebagainya. Untuk menegakkan diagnosis COVID-19, harus dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu IgG/IgM rapid test, dan jika positif harus dikonfirmasi dengan PCR.

Apabila Anda khawatir, Anda bisa melakukan self isolation dulu selama 14 hari. Jika gejala memburuk, segera lapor ke rumah sakit rujukan. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga. Dan sering-seringlah mencuci tangan minimal 20 detik di bawah air mengalir. Gunakan masker jika perlu bepergian dalam keadaan sakit ya.

Terima kasih telah bertanya di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat untuk Anda ya.

 

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisakah uang kertas menyebarkan virus corona COVID-19

Benarkah Uang Kertas Bisa Sebarkan Virus Corona? Ini Penjelasannya

Bisakah uang kertas menyebarkan virus corona? Pertanyaan tersebut mungkin terbersit di benak Anda di tengah wabah virus corona COVID-19 yang melanda. Memang uang menjadi salah satu benda yang paling sering disentuh oleh banyak orang. Tetapi, kecil kemungkinan uang kertas bisa menularkan virus corona.