19 Feb 2021, 10:14Kandungan

4 hari setelah suntik KB melakukan seks, apa bisa hamil?

PA
Info Penanya: PA0
Dok saya mau tanya,istri saya kan suntik kb yang 1bulan, setelah jeda 4 hari saya berhubungan, apakah bisa terjadi kehamilan dok?
453 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, PTerima kasih atas pertanyaan AndaMelakukan suntik KB dengan rutin mempunyai efektivitas dalam mencegah kehahamilan hingga 99% bagi pasangan yang berencana untuk menunda kehamilan. Tetapi, bila penggunaan suntik KB dilakukan tidak rutin, maka peluang untuk terjadi kehamilan semakin besar.

Kelebihan dan kekurangan suntik KB

Suntik KB mempunyai beberpa kelebihan seperti tidak perlu menghitng masa subur Anda dan tidak perlu menggunakan kondom jika akan melakukan hubungan seksual, bisa bertahan lama terhgantung jenis suntik KB yang digunakan (8-13 minggu), mengurangi nyeri haid, tidak perlu minum pil KB setiap hari dan lain sebagainya. Walaupun mempunyai banyak manfaat dan cukup efektif, suntik KB juga mempunyai beberapa kekurangan.Kekurangan dari suntik KB diantaranya adalah tidak melindungi Anda dari infeksi penyakit menular seksual, munculnya jerawat pada kulit, berat badan meningkat, siklus menstruasi menjadi tidak lancar dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan suntik KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal sehingga bisa mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, apabila 4 hari setelah melakukan sutnik KB Anda melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi di dalam vagina, maka tetap ada peluang untuk terjadinya kehamilan. Setelah menggunakan suntik KB, disarankan memberikan jeda 5-7 hari agar suntik KB bisa bekerja dengan optimal jika hendak melakukan hubungan seksual. Untuk itu, lakukan tes kehamilan sebelum Anda melakukan suntik KB pada periode berikutnya.Pastikan Anda tetap mejaga kesehatan dan kebersihan organ intim, hindari kelelahan, hidari bergonta-ganti pasangan seksual, tetap konsumsi makanna yang bergizi, istirahat cukup dan olahraga rutin agar tubuh tetap sehat. Periksa ke dokter spesialis kandungan untuk konsultasi terkait kesehatan organ intim dan pemakaian KB.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshamilhaidpenggunaan kbpenggunaan kbkontrasepsikontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil