Dimana tempat tes DNA di Solo (Surakarta)?

N Info Penanya: N
dok...didaerah solo yang menyediakan tes DNA dimana yaa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Tes DNA adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk mengetahui tentang informasi genetik seseorang. Tes DNA bisa dilakukan untuk semua usia, mulai dari seseorang di dalam kandungan sampai dewasa. Beberapa hal yang bisa diketahui misalnya penyakit tertentu akibat mutasi genetik, hubungan dengan ayah kandung, sampai skrining bagi mereka yang merencanakan kehamilan.

Untuk melakukan tes DNA, sebelumnya seseorang harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Nanti, dokter akan melakukan sesi tanya-jawab tentang riwayat orang tersebut dan keluarganya, lalu menjelaskan tentang tes DNA berikut manfaat dan risikonya.

Tes DNA membutuhkan sampel dari darah atau cheek swab (bagian dalam pipi). Jika untuk janin, sampel diambil dari cairan ketuban atau jaringan plasenta. Sampel tersebut lalu dianalisis, dan pembacaan hasil sebaiknya dilakukan bersama dokter. Tetapi, seberapa akurat hasil tes DNA masih terus diteliti sampai saat ini.

Nah, untuk melakukan tes DNA, perlu diketahui bahwa tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas ini. Untuk kota Solo, Anda bisa melihat daftar fasilitas kesehatan pada tautan ini, kemudian menghubungi rumah sakit masing-masing untuk mengetahui ketersediaan sekaligus biayanya. 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sindrom cri-du-chat membuat bayi penderitanya memiliki suara tangisan seperti kucing

Sindrom Cri-Du-Chat, Ketika Bayi Terlahir dengan Tangisan Seperti Kucing

Sindrom cri-du-chat merupakan kelainan genetik langka karena ada penghapusan kromosom nomor 5. Sebutan lain untuk sindrom cri-du-chat adalah sindrom tangisan kucing karena bayi yang mengalaminya memiliki suara tangisan melengking seperti kucing.