Teman kos menderita tuberkulosis dan menginap selama 4 hari di kamar, apakah saya bisa tertular ?

NW Info Penanya: NW, Wanita, 2019 Tahun
teman satu kos saya menderita batuk kurang lebih selama 4bulan dan badannya mulai kurus. sebelum dia memutuskan memeriksakan batuknya ke RSUD dia tidur dikamar saya selama kurang lebih 4hari. setelah itu dia di nyatakan positif TBC oleh dokter di RSUD. apakah saya berpotensi terkena TBC juga karena virus virus yang di keluarkannya saat batuk.? dan apakah virus itu yang jika menempel di bantal atau selimut saya bisa menular ke saya.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tuberculosis menular melalui droplet yang keluar saat batuk dan terbawa oleh udara. Droplet mengandung bakteri mycobacterium termasuk kategori bakteri yang keras kepala. Sebaiknya kamar anda dibuka jendela agar aliran udara lancar dan mendapat sinar matahari yang cukup. Karena kuman TBC menyukai udara yang lembab.

Untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tidak tertular, sebaiknya anda istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan jangan terlalu letih. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.