Telinga tersumbat apa solusinya?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 18 Tahun
Siang dok, Saya ingin bertanya. Kan tadi Saya lagi mbersihin telling Saya menggunakan cutton bud, kotorannya tidak sengaja terdorong kedalam sehingga mengganggu pendengaran Saya, seperti Ada yang mengganjal. Sebaiknya apa yang perlu Saya lakukan agar bisa kembali mendengar dengan jelas? Kalau pake obat tetes apa bisa? Apa Aman kalau Saya lakukan sendiri di rumah, mengingat pandemi yang tidak memungkinkan Saya untuk periksa. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang G,

Telinga adalah salah satu organ yang sering bermasalah karena kebiasaan mengorek telinga yang terlalu dalam, atau penggunaan cotton bud yang seringkali malah mendorong kotoran semakin ke dalam telinga.

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada telinga Anda adalah:

  • Infeksi telinga. Biasanya akan muncul keluhan nyeri telinga, keluar cairan dari dalam telinga, atau telinga terasa berdenging.
  • Kotoran mendesak gendang telinga akibat terdorong oleh cotton bud.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi telinga yang kurang nyaman adalah:

  1. Hindari mengorek telinga.
  2. Minum paracetamol untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi reaksi peradangannya.
  3. Letakkan bawang putih yang sudah dimemarkan pada lubang telinga sebagai antibiotik alami. Bawang putih jangan dimemarkan terlalu kecil agar tidak masuk ke dalam telinga.
  4. Hindari pemakaian pelunak kotoran ketika telinga sedang sakit.
  5. Bila sebelumnya telinga Anda tidak pernah mengeluarkan cairan maka Anda boleh menyemprotkan cairan infus NaCl 0,9% menggunakan jarum suntik untuk membilas bagian dalam telinga. Semprotkan pada dinding telinganya, jangan diarahkan langsung pada gendang telinganya.

Bila keluhan tidak membaik, sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan ke dokter THT dan pastikan untuk selalu menggunakan masker ketika berpergian.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telinga balita ternyata mampu mentolerir suara dari film yang diputar saat nonton bioskop

Bolehkah Ajak Anak Balita Nonton Bioskop? Ini Kata Dokter Spesialis THT

Telinga balita masih mampu mentolerir suara film di bioskop. Namun, orang tua harus tetap memperhatikan film yang akan ditonton. Jika mendengar suara terlalu keras, balita berisiko mengalami gangguan pada telinga dalam.