16 Dec 2020, 18:22Penyakit Lainnya

Penyebab telinga berdenging secara terus menerus

MA
Info Penanya: MA, Wanita, 18 Tahun
Assalamualaikum dok, sekitar bulan juli tahun lalu 2019 telinga saya Kemasukkan bolanya jarum pentul dok, sekitar beberapa bln lalu mulai berdenging tapi ga kenapa", itu kenapa ya dok? Bola jarum pentulnya bisa dikeluarin ga?
666 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam M,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Telinga merupakan organ pendengaran yang selain berfungsi untuk mendengar, telinga juga berguna sebagai alat untuk keseimbangan. Jika telinga mengalami gangguan dapat disebabkan oleh terguncangnya cairan telinga secara cepat akibat perpindahan posisi, masuknya benda asing ke telinga seperti bola jarum pentul yang Anda alami, masuknya cairan ke dalam telinga menyebabkan telinga menjadi berbau dan sakit, semua itu dapat mengganggu dan membuat telinga merasa tidak nyaman.

Penyebab telinga berdenging secara terus menerus

Penyebab telinga berdenging secara terus menerus dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain :
  • Penyakit vertigo yang terjadi akibat penderita berubah posisi terlalu cepat sehingga cairan yang ada di dalam telinga menjadi terguncang menyebabkan sensasi bunyi "ngingg" atau "ngunggg" pada telinga yang diikuti kepala pusing berputar, sempoyongan, rasa mual, dan rasa ingin pingsan pada penderitanya. Penderita akan membaik dan berkurang gejalanya jika menutup mata dan mencoba untuk berbaring. Cara mencegah terjadinya vertigo adalah dengan berhati-hati saat berpindah posisi, termasuk dari tiduran ke berdiri harus duduk secara perlahan dulu selama bebera detik.
  • Kerusakan pada rambut-rambut halus yang ada pada telinga. Rambut-rambut halus ini selain berfungsi sebagai penangkan virus dan bakteri yang masuk ke telinga, dan berfungsi mengeluarkan kotoran telinga, juga dapat bermanfaat untuk menghantarkan bunyi dari luar telinga menuju tulang telinga sehing dipersepsikan oleh otak bunyi apa yang ada. Namun jika rambut-rambut halus telinga ini rusak, maka rambut-rambut ini membawa persepsi suara yang salah ke otak, akhinya muncul bunyi yang tidak sesuai dengan apa yang didengar misalnya bunyi angin, bunyi gemuruh, berdenging, dan berdengung.
  • Infeksi pada telinga tengah (otitis media).
  • Sumbatan oleh kotoran telinga yang mengeras.
  • Penyakit meniere.

Cara mengatasi telinga yang berdenging

Cara mengatasi telinga yang berdenging yaitu dengan mengeluarkan sumbatan pada telinga atau bola jarum pentul yang ada menggunakan alat kecil, panjang, yang dapat dilakukan di klinik, tempat praktek dokter, atau RS. Jangan mengeluarkan bola jarum pentul sendiri karena dapat membuat bola jarum pentul tambah masuk dan merusak gendang telinga. Benda asing di dalam telinga dapat menjadi tempat bakteri berkumpul dan menyebabkan infeksi pada telinga tengah (ototitis media). Selain itu Anda juga dapat melakukan : 
  • Menjaga kebersihan telinga dengan cara membersihkan kotoran telinga hanya pada bagian luar saja menggunakan cotoon bud yang lembut.
  • Jangan mengorek telinga menggunakan jari, kuku, dan cotoon bud terlalu dalam dan keras.
  • Jangan memasukkan apapun ke dalam telinga.
  • Terapkan pola hidup sehat, hindari merokok dan terpapar asap rokok.
  • Jangan mendengarkan musik terlalu kencang terutama saat memakai headset atau headphone.
  • Coba untuk mengunyah permen karet saat telinga berdenging atau berdengung.
Jika keluhan Anda tidak membaik dan bunyi dengin pada telinga bertambah parah, disertai rasa pusing yang hebat, mual, nyeri dan keluar cairan pada telinga, demam, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
obstruksi telingainfeksi telingapenyakit meniere
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil