Telinga tuli sebelah dan seperti ada yang bergerak di telinga

SU Info Penanya: SU, Pria, 28 Tahun
Dok,saya ingin tanya...telinga saya sebelah kanan pendengaran mnurun dan seperti ada yg bergerak jika tiduran berganti posisi...sudah 3 mingguan.kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

Penurunan kemampuan mendengar adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa disebabkan oleh infeksi telinga seperti otitis media atau infeksi telinga dalam, terjadi trauma pada telinga dan organ pendengaran, gangguan pada tulang pendengaran, adanya penumpukan kotoran telinga, terjadi cedera kepala sebelumnya, paparan suara bising dalam waktu lama, dan penyebab lainnya.

Gejala tuli

Keluhan tuli sendiri ditandai dengan gejala:

  • Merasa pendengaran menurun baik satu sisi atau keduanya
  • Sulit mendengar percakapan
  • Perlu meningkatkan volume suara ketika menggunakan tv, hp ataupun ketika berbicara dengan orang lain
  • Kesulitan memahami kata atau huruf terutama huruf konsonan

Untuk itu perlu mengetahui ada tidaknya gejala lain yang dirasakan seperti ada tidaknya cairan yang keluar dari telinga, nyeri telinga, rasa penuh ditelinga, ada tidaknya benturan atau cedera sebelumnya. Adanya suara seperti bergerak sendiri bisa menandakan adanya masalah pada saluran telinga baik ada nya benda asing, adanya penumpukan kotoran telinga atau lainnya.

Ada baiknya memeriksaan diri pada dokter spesialis THT, nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan salah satunya pemeriksaan audiometri untuk mengetahui ada tidaknya penurunan kemampuan mendengar.

Penanganan gangguan pendengaran sendiri dapat dilakukan dengan pemberian obat minum, obat tetes, ataupun perlu tindakan seperti pembersihan saluran telinga ataupun tindakan lain yang diperlukan sesuai kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
22 Jul 2020, 04:02
wahhh
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Presbikusis adalah penurunan kemampuan mendengar yang dialami lansia

Pendengaran Berkurang Seiring Bertambahnya Usia, Apa Penyebabnya?

Presbikusis adalah penurunan kemampuan mendengar yang dialami lansia. Semakin tua, risiko pendengaran berkurang akan semakin tinggi. Namun sebenarnya, usia bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi. Ada banyak hal yang bisa jadi faktor risiko kondisi ini.