Telinga tidak bisa mendengar disertai nyeri leher ?

AS Info Penanya: AS, Pria, 2019 Tahun
Siang dok , kenapa telinga saya tiba" jadi gak bisa dengar trus leher saya sakit trus pusing sampai mual"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Biasanya masalah disebabkan di tulang belakang bagian cervical atas atau sekitar leher. Biasanya diawali dengan telinga berdenging, tekanan pada telinga, nyeri telinga dan hilangnye pendengaran. Dikarenakan gangguan di sekitar leher yang mempengaruhi pembuluh darah dan/atau saraf daerah telinga. Selain hilang pendengaran, telinga berdenging bisa juga sampai timbul vertigo atau pusing berputar. 

Biasanya akibat cedera otot sekitar leher, terutama bila ada riwayat trauma. Kemudian bisa juga akibat interaksi struktur batang otak daerah pendengaran dan sensor somatis, terdapat jalur yang menyatukan tulang belakang menuju fungsi pendengaran. Untuk mengatasinya perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Saraf. Anda bisa diminta melakukan tes pendengaran, rontgen tulang belakang atau MRI otak. Setelah diketahui penyebabnya maka anda bisa diterapi dengan tepat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lansia kerap mengalami gangguan pendengaran berupa telinga berdenging atau tinnitus

Penyebab Telinga Berdenging Kerap Ganggu Kesehatan Lansia

Gangguan pendengaran yang umum mengganggu kesehatan lansia adalah telinga berdenging, atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan tinnitus. Cara mengatasi telinga berdengung biasanya dokter melakukan tahap awal dengan melakukan pemeriksaan pembuluh darah dan membersihkan telinga.