Apa penyebab telinga tersumbat dan sakit?

JT Info Penanya: JT, Pria, 27 Tahun
Dok, sy mau tanya, omku sejak kemarin mengeluh sakit telinga terasa tersumbat, dia tdk pusing sih...sampai skrng masih mengeluh.. obatnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore JT,

Telinga tersumbat dan terasa nyeri adalah keluhan yang bisa timbul ketika ada gangguan pada telinga. Penyebabnya bisa karena adanya penumpukan kotoran telinga yang bisa mengeras, infeksi saluran telinga tengah, gangguan pada gendang telinga, adanya benda asing seperti kapas yang tertinggal ataupun penyebab lainnya.

Untuk itu perlu diperiksakan secara langsung untuk mengetahui penyebabnya. Hindari sembarangan mengorek telinga terutama perlu hindari menggunakan cotton bud. Bisa gunakan paracetamol untuk meredakan rasa nyeri.

Hindari aktivitas seperti berenang ataupun terlalu lama menggunakan alat bantu dengar seperti headset atau headphones. Jika timbul adanya cairan dari telinga, telinga berdenging, demam ataupun nyeri yang hebat pada telinga. Segera periksakn diri pada dokter ataupun dokter spesialis THT. Nantinya akan diberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya, bisa juga dilakukan pembersihan saluran telinga. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi Gendang Telinga Serta Cara Merawatnya

Gendang telinga adalah lapisan tipis berwarna keabuan yang membatasi antara telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah. Fungsi gendang telinga untuk menerima getaran suara dari luar yang tersalur lewat liang telinga. Jika gendang telinga rusak, pendengaran bisa terganggu.