Telinga terasa tersumbat, apa penyebabnya?

DH Info Penanya: DH, Pria, 1 Tahun
Ketika badan lemas, kepala pusing dan perut mual di susul dengan adanya telinga terasa tersumbat. kira-kira itu gejala apa dan penyakit apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DH,

Telinga tersumbat adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti adanya infeksi telinga, adanya kotoran telinga yang menyumbat, adanya peradangan di telinga, adanya massa atau benjolan dan penyebab lainnya.

Gangguan ini bisa memicu gangguan organ keseimbangan yang menimbulkan gejala seperti:

  • Rasa tidak seimbang,
  • Pusing,
  • Keluhan seperti limbung,
  • Sensasi ruangan berputar dan lainnya,
  • Sering juga disertai mual, muntah ataupun bisa ada gangguan pendengaran. 

Untuk itu perhatikan apa yang menjadi pemicunya, seringkali kebiasaan sehari-hari seperti kebiasaan mengorek telinga dengan cotton bud, terlambat makan, kurang asupan cairan, paparan matahari lama, kelelahan, kurang tidur juga bisa memicu keluhan pusing yang dialami. 

Untuk sementara bisa konsumsi antasida sebelum makan, jaga pola makan, hindari gerakan kepala mendadak agar tidak memicu pusing, dan hindari pemicu lainnya. Segera periksakan diri pada dokter atau dokter THT dimana akan dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan baik mengatasi gejala yang timbul ataupun tindakan apabila ada gangguan di saluran telinga. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tindik telinga bayi sebaiknya dilakukan jika bayi sudah berusia lebih dari 2 bulan

Kontroversi Tindik Telinga Bayi, Tetap Aman Asal Sesuai Prosedur

Tindik telinga bayi perempuan sebaiknya dilakukan oleh profesional menggunakan peralatan yang steril. Selama dilakukan sesuai dengan prosedur, tindik telinga bayi tidak akan menimbulkan risiko berbahaya.