Telinga terasa menutup karena terkena sinusitis

RM Info Penanya: RM, Pria, 2019 Tahun
Permasalahan saya sekarang kuping sebelah kiri terasa ada yg menutup di area dalam nya, setelah ke tht ternyata penyebab nya daei hidung karena saya terkena sinisutis, gejala yang dirasakan sekarang pendengaran berkurang, suara sendiri terasa kencang, dan kadang juga di sertai pusing. Apa solusi untuk pengobatan nya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RM,

Sinusitis merupakan infeksi pada rongga yang terdapat pada wajah atau disebut dengan sinus. Sinus tersebut ada beberapa di wajah seperti pada pipi, hidung, ataupun dahi. Jika tidak ditangani dengan baik sinusitis dapat menimbulkan komplikasi seperti peradangan selaput otak, pembengkakan dan nyeri di dahi, penurunan penglihatan, dan infeksi saluran telinga tengah.

Infeksi saluran telinga tengah sendiri memberi gejala seperti rasa sakit di telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran dan juga jika dibiarkan dapat menjadi berkelanjutan atau disebut dengan otitis media kronis. Penanganannya sendiri dilakukan dengan mengatasi infeksi yang terjadi di saluran telinga tengah dan juga mengatasi sinusitis yang menjadi penyebabnya untuk mengatasi keluhan pada telinga dan mencegah sinusitis kembali kambuh.

Jika sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter THT, ikuti anjuran pengobatan sesuai yang diberikan dan lakukan kembali kontrol jika obat habis atau gejala belum membaik. Selain pemberian obat juga dapat dilakukan beberapa tindakan untuk mengatasi sinusitis seperti tindakan operatif untuk mengatasi infeksi yang timbul di rongga sinus, melakukan perawatan dirumah seperti dengan menghindari pencetus gejala, membersihkan rongga hidung dengan air garam, segera berobat jika mengalami flu dan menjaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.