Telinga sering mengeluarkan cairan

HX Info Penanya: HX, Pria, 49 Tahun
Mengapa telinga sering mengeluarkan cairan?bagaimana mengatasinya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HX,

Keluarnya cairan dari telinga dapat disebabkan oleh beberapa penyebab yaitu infeksi telinga seperti radang telinga tengah, gangguan pada gendang telinga seperti gendang telinga pecah ataupun penyebab lain yang lebih jarang seperti akibat cedera kepala.

Jika keluar cairan tampak seperti nanah, kental, dan berbau juga disertai nyeri telinga, sakit kepala, demam, telinga gatal dan penurunan pendengaran maka perlu segera diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis THT. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan penanganan baik dengan pembersihan saluran telinga dan juga pemberian obat untuk mengatasi penyebabnya.

Hindari mengorek telinga ataupun untuk sementara tidak berenang atau merendam kepala di air untuk membantu proses penyembuhan. Hindari juga sembarangan menggunakan tetes telinga karena bisa tidak cocok dan membuat penyembuhan lebih lama. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.