01 Nov 2020, 14:27Penyakit Lainnya

Mengapa telinga penuh seperti kemasukkan air?

VK
Info Penanya: VK0
Halo dok, beberapa hari lalu saya membersihkan telinga kiri saya dengan cottonbud dan terasa perih, ternyata ada lecet. Ketika rasa perihnya mulai hilang, kini telinga saya seperti kemasukkan air, rasanya seperti ada yang tersumbat, saya merasa tidak nyaman karena telinga kiri saya jadi kurang bisa mendengar dengan baik. Bagaimana ini,dok?
2669 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, VKTerima kasih atas pertanyaannya.Telinga tersumbat akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena suara dari luar menjadi tidak jelas seperti teredam oleh sesuatu yang menghalangi.

Beberapa kondisi yang menyebabkan telinga tersumbat :

  • Tersumbatnya saluran dalam telinga
    Telinga memiliki saluran yang menghubungkan telinga dan tenggorokan yaitu tuba eustasius.  Jika ada sumbatan pada saluran ini maka akan membuat rasa penuh pada telinga.  Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi atau sedang batuk pilek.
  • Berada pada kondisi tertentu
    Naik gunung, bepergian dengan pesawat dapat membuat telinga seperti tertutup akibat dari penyesuaian saluran eustasius untuk menyeimbangkan tekanan di luar telinga dengan di dalam telinga. 
  • Kotoran telinga
    Kotoran telinga merupakan hal normal yang terjadi pada setiap manusia.  Telinga memiliki cara membersihkan kotoran dengan sendirinya namun pada beberapa orang yang produksi kotoran telinga berlebihan akan memicu tersumbatnya telinga akibat kotoran telinga.  Penggunaan cottonbud memicu semakin terjadinya sumbatan.
  • Benda asing
    Lebih sering terjadi pada anak-anak.
  • Tumor
    Adanya tumor jinak pada saraf kranial dapat menekan saraf pada telinga dalam sehingga menimbulkan keluhan seperti telinga berdengung, terasa penuh, serta penurunan pendengaran.
Terkait yang anda tanyakan, penggunaan cottonbud sebenarnya tidak disarankan terutama jika sampai menimbulkan luka atau terlalu dalam.  Selain menyebabkan infeksi, cottonbud dapat mendorong kotoran telinga menjadi lebih dalam sehingga menutup saluran telinga.  Untuk itu, sebaiknya periksa ke dokter spesialis THT untuk penanganan lanjutan.  Pembersihan telinga sebaiknya pula dilakukan di dokter THT setiap 6 bulan sekali. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
obstruksi telingaotitis mediatelingaotitis eksterna
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil