Apa penyebab telinga sakit dan berair?

BN Info Penanya: BN, Wanita, 1 Tahun
Dok...saya mau bertanya telinga saya sering terasa barair trus dari kemarin telinga kiri saya sakit nyeri gtu rasanya kadang Sampek kepala...saya bersihkan malah tambah nyeri perih gtu...kira kira kenapa ya dok dan kalau memang ada gangguan bagaimana cara mengatasinya....? Terima kasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, BN.

 

Ottorhea merupakan istilah medis dari telinga yang berair. Pada kondisi normal telinga akan mengeluarkan kotoran sejenis minyak yang akan berguna untuk membunuh bakteri, menyingkirkan debu dan benda asing lain seperti masuknya serangga ke dalam liang telinga.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami, penyebab telinga berair dapat disebabkan oleh:

  • Otitis media dimana terjadi infeksi yang pada telinga tengah baik karena bakteri ataupun virus. Hal ini dapat menyebabkan telinga menghasilkan banyak cairan dan dapat juga merobek gendang telinga akibat adanya dorongan dari cairan telinga tersebut. Cairan telinga dapat berbau dan mengalir keluar.
  • Luka akibat goresan karena terlalu sering membersihkan liang telinga menggunakan cotton bud. 
  • Otitis eksterna, dimana terjadi infeksi akibat terlalu lama bermain di air sehingga liang telinga menjadi lembap dan mengelupas sehingga bakteri maupun virus mudah masuk.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami keluarnya cairan dari telinga dapat disebabkan oleh salah satu kondisi diatas. Namun untuk memastikan sebaiknya konsultasikan secara langsung kepada dokter spesialis THT ya. Perihal rasa nyeri yang timbul dapat disebabkan oleh karena proses awal infeksi dan biasanya terjadi peradangan terlebih dahulu.

Jika telinga keluar cairan hal yang harus Anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut:

  1. Mengompres bagian sisi telinga yang mengeluarkan cairan dengan handuk hangat dan pastikan handuk yang Anda gunakan tidak terlalu basah agar air tidak masuk ke liang telinga dan menyebabkan telinga tambah berair.
  2. Jangan menggunakan obat tetes untuk telinga sembarangan tanpa anjuran dari dokter.
  3. Atur napas Anda, dan upayakan tidak menghembuskan napas terlalu kencang yang akan menyebabkan cairan semakin banyak keluar.
  4. Jangan terlalu sering mengorek telinga dengan menggunakan cotton bud.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat ear candle untuk membersihkan telinga

Mengenal Cara Kerja dan Manfaat Ear Candle untuk Membersihkan Telinga

Manfaat ear candle adalah untuk membersihkan kotoran telinga. Namun, perlu diketahui terapi tersebut memiliki risiko yang cukup berbahaya bagi telinga Anda.