28 Dec 2020, 23:06Penyakit Lainnya

Telinga sakit dan mengeluarkan cairan, kenapa?

NR
Info Penanya: NR0
Assalamu'alaikum dok,, maaf sya mau tanya, ank sya umr 6 thn,, dia mengeluh skit pd telinga dan ketika sya liat telinga nya mengeluarkan cairan, stlah sy konsul k dokter katanya itu infeksi krNa kotoran yang mnumpuk,, dan sya d srankn untk memakai obat tetes telinga,,sya bru menggunakan nya 3 x,, dan kotoran nya bru keluar sdkt dmi sdkt,, yg mau sya tnyakn kira 2 smpai kpn sya gunakan obt ttes ini,, smpai obat nya habis kah atau gimana dok,,??
452 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaTelinga selain sebagai organ penderngaranjuga berfungsi sebagai organ keseimbangan. Adanya peradangan pada telinga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit, gangguan pendengaran atau bahkan mengeluarkan cairan dari telinga. Hal ini bisa terjadi baik pada usia anak-anak maupun pada usia dewasa.

Adapun beberapa kemungkinan penyebab telinga keluar cairan adalah:

  • Radang telinga tengah atau disebut dengan otitis media
  • Otitis eksterna maligna
  • Radang pada tulang mastoid yang disbeut dengan istilah mastoiditis
  • Adaya sumbatan pada telinga karena kotoran telinga yang menumpuk dan menyebabkan infeksi pada telinga
Terkait dengan apa yang terjadi pada anak Anda, beberapa kemungkinan penyebabnya bisa terjadi karena kondisi di atas. Jika sudah memeriksakan diri ke dokter dan diberikan obat untuk melunakkan kotoran telinga, maka lakukan kontrol ulang ke dokter spesialis THT terdekat 3 hari kemudian. Agar dokter melakukan evaluasi pengobatan yang diberikan dan dilakukan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi anak Anda saat dilakukan pemeriksaan kembali.Pastikan anak Anda tetap konsumsi makanan bergizi, hindari mengorek telinga karena dikahwatirkan memperparah kondisi infeksi, pastikan saat mandi telinga tidak kemasukan air, minum air putih cukup, jaga kebersihan area sekitar telinga, dan konsumsi buah dan sayuran.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kebersihan telingainfeksi telingaradang telingaradang telinga tengah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil