06 Sep 2021, 19:04Penyakit Lainnya

Telinga keluar cairan berbau, apa penyebabnya?

SR
Info Penanya: SR, Wanita0
Dokter,telinga kanan saya mengeluarkan Cairan bau ,kuning, lengket, terus menerus Berdenging, dan Seperti ada gerak gerak didalam Apakah dampak akibat hal ini dokter ?
150 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaan AndaTelinga keluar cairan bisa terjadi pada kedua telinga taaupun hanya pada salah satu telinga. Caran yang keluar dari telinga ini bisa berwarna kekuningan, kehijauan, bening, atau bahkan kemerahan karena bercampur darah. Tentunya, berbeda warna cairan yang keluar ini berbeda upula penyebab dari keluarnya cairan tersebut dari telinga.

Di bawah ini adalah kemungkinan penyebab keluar cairan kuning dan berbau dari telinga:

  • Otitis eksterna
  • Otitis media
  • Mastoiditis
  • Riwayat cedera atau trauma 
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab telinga keluar cairan berwarna kuning bisa dikareakan oleh keadaan yang telah disebutkan di atas. Apabila keluhan ini terjadi lebih dari 3 hari, diserta dengan gejala penyerta sperti telinga berdenung (tinnitus), nyeri pada telinga, kemerahan di sekitar telinga, demam, gangguan pendengaran dan atau keluhan penyerta lain maka segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT terdekat. Saat ini tindakan yang bisa Anda lakukan adalah hindari mengorek telinga, konsumsi makanan sehat bergizi, jaga kebersihan area sekitar telinga, konsumsi buah dan sayur dan bersihkan cairan yang menetes keluar telinga.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
radang telingaradang telinga tengahotitis media
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil