Telinga mampet seperti penuh, bagaimana solusinya ?

IS Info Penanya: IS
Dok knapa telinga saya kok mampet sprti penuh tpi tdk berdengung..apa yg hrus sy lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IS.

Telinga yang terasa mampet seperti penuh dapat terjadi karena berbagai faktor yang memicu ketidakseimbangan tekanan pada telinga bagian tengah atau dalam. Beberapa faktor pemicu tersebut dapat berupa sumbatan, infeksi, atau pengakit lainnya pada saluran yang berhubungan dengan telinga seperti pada hidung muapun tenggorokan.

Adapun berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan rasa mampet atau penuh pada telinga yang meliputi :

Mengenai keluhan telinga terasa mampet atau penuh pada Anda mungkin disebabkan oleh salah satu kondisi medis diatas. Namun untuk memastikannya diperilukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli. Salah satu kondisi medis yang cukup umum terjadi adalah serumen prop atau sumbatan saluran telinga akibat penumpukan kotoran. Pada kondisi tersebut dibutuhkan pembersihan telinga secara khusus yang dilakukan di poliklinik THT. 

Untuk sementara hindari membersihkan kotoran telinga sendiri karena berisiko membuat kotoran semakin terdorong. Untuk membantu mengatasi rasa penuh pada telinga Anda dapat mengunyah permen karet untuk menyeimbangkan tekanan dalam telinga. Namun untuk selanjutnya jika keluhan tidak kunjung mereda, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung pada dokter Spesialis THT.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara merawat telinga yang baik, yaitu rutin memeriksa telinga ke dokter

7 Cara Merawat Telinga Agar Selalu Bersih dan Sehat

Sebagian orang seringkali abai dalam merawat telinga. Padahal jika tidak dilakukan dengan benar, maka hal tersebut bisa mendatangkan masalah bahkan membuat Anda kehilangan pendengaran. Lantas, bagaimana cara merawat telinga dengan benar?