Kenapa telinga terasa ada suara angin?

SU Info Penanya: SU
Dok sya mau tnyk.sya lg hamil 6bulan.tpi sy lg flu.sy lg buang cairan dr hidung sy.kok tiba"kontak pada telinga kiri sy ya dok.apkah itu bhaya pada janin gk dok.?suara yg terasa pada telinga sy sperti angin dok.dan brbunyi sperti tersumbat.pdahal sy sudh pergi ke (tht) kta ny gk ad ap"pun dn brsih kok dok.sy sudh 1mnggu mngalami ny dok bagai mna cra mngatasi ny ya dok.mhon bntuan ny.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Telinga, hidung dan tenggorok adalah bagian-bagian yang saling berhubungan, termasuk antara hidung dan telinga yang seolah-olah tampaknya tidak berhubungan. Oleh karena itu saat ada salah satu masalah pada bagian tersebut, seringkali diikuti dengan masalah pada bagian yang lain.

Saat Anda buang ingus, maka tekanan di dalam telinga akan meningkat sehingga katup antara telinga dan hidung akan terdorong dan menimbulkan bunyi "plup" sama seperti bila Anda naik pesawat karena adanya perbedaan yang tinggi maka telinga akan terasa tidak enak. Untuk mengatasinya Anda bisa mengunyah permen karet atau melakukan teknik valsava dengan menghembuskan napas melalui hidung namun dengan posisi hidung ditutup menggunakan tangan, maka aliran udara akan menuju telinga dan terdengar suara "plup" untuk melegakan telinga Anda.

Yang penting saat ini adalah:

  • Menyembuhkan pilek Anda dulu.
  • Banyak minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Sediakan baskom isi air panas dan hirup uap panasnya untuk melegakan hidung Anda.
  • Minum obat secara teratur.
  • Banyak tidur untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Minum suplemen atau makan sayur, buah-buahan untuk meningkatkan asupan vitamin.

Bila pilek Anda sudah sembuh namun telinga masih belum membaik, maka sebaiknya Anda kontrol ulang ke dokter THT Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telinga berdenging merupakan salah satu tanda adanya tumor neuroma akustik

Beberapa Kemungkinan ‘Tamu’ yang Mengintai Anda, Sebagai Arti Telinga Berdenging

Telinga berdenging sering dikaitkan dengan mitos, seperti tamu yang akan datang ke rumah Anda. Namun, telinga berdenging dapat menjadi pertanda adanya tumor neuroma akustik, penyakit meniere, labirinitis.