Apa obat tetes telinga yang aman untuk anak 2 tahun?

FD Info Penanya: FD, Wanita, 1 Tahun
Apa obat tetes telinga yang aman untuk anak usia 2thun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FDCI.

Telinga adalah sepasang organ tubuh kita yang berfungsi untuk mendengar bunyi. Telinga yang normal akan mendengar suara dengan jernih dan jelas, seimbang antara kanan dan kiri. Telinga terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga luar, tengah, dan dalam.

Apabila telinga mengalami gangguan, biasanya pendengaran akan berkurang. Keluhan pendengaran juga bisa dirasakan beserta nyeri telinga, demam, perasaan mampet pada telinga, ataupun gatal. Nah, gangguan telinga sendiri bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, peradangan, trauma, atau kelainan lainnya.

Pada anak-anak, gangguan telinga yang biasanya terjadi adalah:

  • Otitis eksterna, yaitu peradangan pada liang telinga luar
  • Cerumen propria, yaitu kotoran yang menumpuk dan mengeras di liang telinga
  • Otitis media, yaitu peradangan pada telinga tengah. Biasanya disertai dengan infeksi saluran pernapasan atas yang bergejala batuk serta pilek.

Saat ini, jangan mengorek telinga anak dengan apapun dulu, dan pastikan telinganya jangan kemasukan air. Lalu, terkait pertanyaan Anda, untuk obat tetes telinga, harus disesuaikan dengan penyebabnya ya. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis THT untuk memastikan, dan mendapatkan penanganan yang sesuai untuk anak Anda.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.