Apa penyebab telinga sakit dan keluar cairan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 22 Tahun
Halo dok, saya mengalami gejala sakit yang amat parah pada telinga kiri saya. Saya sudah tiga kali kedokter hanya diberi obat penghilang sakit dan obat tetes. Katanya gendang telinga saya sudah robek, pada pengobatan kedua telinga saya sudah lebih baik tapi masih mengelurkan cairan beserta nanah. Kadang saya merasa masih ada cairan yg berkumpul di dalam telinga saya. Tidak berlangsung lama setelah obat habis, saya merasakan gejalan yg sama lagi, telinga saya kembali sakit dan masih keluar cairan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Manusia dianugerahi sepasang telinga untuk mendengar bunyi. Jika telinga mengalami gangguan seperti gatal, terasa penuh, sakit, atau keluar cairan, maka fungsi pendengaran akan terganggu. Hal tersebut tentunya membuat seseorang tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, telinga sakit dan keluar cairan paling sering disebabkan oleh otitis media, yaitu peradangan pada telinga bagian tengah yang dapat berkomplikasi pecahnya gendang telinga. Selain itu, kondisi trauma atau perlukaan karena mengorek telinga terlalu dalam juga bisa menyebabkan hal tersebut. 

Nah, gendang telinga yang robek bisa menutup dengan sendirinya atau memerlukan tindakan operasi, tergantung separah apa robekan tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba obat-obatan yang telah diberikan oleh dokter spesialis THT sampai habis. Jika masih mengalami gejala, Anda bisa kontrol kembali untuk konsultasi lanjutan.

Tetapi, selain menggunakan obat-obatan, pastikan juga bahwa Anda menghindari telinga kemasukan air, maupun mengorek telinga untuk sementara waktu, ya. Lalu, hindari makanan pedas dan berminyak yang dapat memicu lendir pada tenggorokan, yang nantinya bisa berefek pada telinga juga (karena telinga dan tenggorokan terhubung oleh saluran). Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan membersihkan telinga anak dengan cotton bud karena dapat menyebabkan gendang telinga pecah

Telinga Berair dan Berdengung, Tanda Gendang Telinga Pecah?

Jangan membersihkan telinga anak dengan cotton bud karena dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Untuk menghindarinya, ada beberapa tips yang perlu dilakukan orangtua untuk mencegah gendang telinga anak pecah.