Bagaimana penanganan telinga yang luka saat dibersihkan ?

AD Info Penanya: AD, Pria, 24 Tahun
Selamat Pagi Dok,Saya Pria Usia 24 tahun. Jadi saya sedang membersihkan telinga menggunakan cotton bud tanpa sengaja itu malah melukai telinga saya. Penanganannya bagaimana ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, ADS.

Telinga yang luka mungkin terjadi karena penggunaan cotton bud atau alat lainnya yang digunakan saat membersihkan telinga. Pada dasarnya pembersihan telinga sendiri emiliki cara tersendiri yang perlu diperhatikan agar tidak meningkatkan risiko cedera pada gendang telinga, atau struktur lainnya di dalam telinga. Adapun cara membersihkan telinga yang baik seperti terlampir pada artikel berikut ini.

Mengenai luka yang Anda alami, perlu diketahu terlebih dahulu seberapa parah dan sedalam apa. Apabila luka yang ditimbulkan mengeluarkan darah diperlukan penanganan pertanya untuk menghentikan perdarahannya.

Berikut beberapa cara penanganannya pertamanya :

  • menekan bagian telinga yang mengalami perdarahan sampai darah yang keluar berhenti
  • sementara tutup bagian tersebut dengan kain kasa steris dan rekatkan sedikit dengan plester
  • untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, kompreslah bagian yang terluka dengan es batu yang terlebih dahulu dibungkus dengan kain

Untuk selanjutnya, karena bagian telinga ini sulit untuk dilihat secara langsung, ada baiknya untuk diperiksakan. Selain dapat melihat derajat keparahannya, dokter pun mungkin akan memberikan resep obat tertentu agar luka terhindar dari infeksi dan dapat cepat pulih. Untuk kedepannya hindari membersihkan telinga terlalu kencang dan ada baiknya secara teratur membersihkan telinga di klinik THT

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Langkah pertolongan pertama untuk luka tembak

Mengenal Langkah Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Luka Tembak

Luka tembak perlu dipahami langkah pertolongan pertamanya. Hal ini berguna untuk membantu Anda dan orang sekitar Anda ketika mengalami luka tembak peluru mendadak.