31 Dec 2020, 02:40Infeksi

Telinga kulit luar merah dan bengkak merah

J
Info Penanya: J0
Selamat pagi dokter, mau tanya kenapa mendadak ruam kulit telinga kanan merah begkak nyeri demam,Kenapa penyebabnya dan penyakit apa dokte? Terima kasih
158 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo J,Bengkak dan nyeri pada telinga dapat terjadi karena penyakit otitis eksterna. Penyakit ini terjadi karena infeksi pada telinga bagian luar oleh bakteri. Sering terjadi pada seseorang setelah berenang, memasukkan jari atau kapas untuk mengorek, dan terjadi luka pada telinga yang menyebabkan bakteri dapat masuk. Gejala umum pada penyakit ini adalah bengkak dan nyeri liang telinga hingga dikulit sekitar telinga, rasa penuh di dalam telinga, dapat juga terjadi pengelupasan kulit di sekitar liang, keluar cairan encer berwana kuning atau kental seperti nanah, nyeri saat menggerakkan rahang bawah, hingga pendengaran berkurang.
Kadang dapat ditemukan bisul menyerupai jerawat dalam telinga, penyakit ini juga dapat terjadi dalam waktu lama jika tidak segera diobati. Penyembuhan yang terjadi saat luka dalam telinga membaik juga dapat menyebabkan gatal, rasa gatal ini sering kali memicu orang untuk mengorek telinga. Jika hal ini terjadi, telinga yang sedang penyembuhan akan terluka kembali dan infeksi terjadi terus menerus. Pengobatan otitis eksterna yang terlalu lama juga dapat menyebabkan timbul infeksi jamur, sehingga selama pengobatan sebaiknya Anda tidak mengorek maupun melakukan aktifitas berenang terlebih dahulu hingga telinga benar-benar sembuh.
 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi telingaradang telingapenyakit telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil