telinga kiri saya sakit & tiba2 saya ngk bisa dengar kayak ada yg kesumbat

EL Info Penanya: EL, Wanita
Selamat pagi dokter, saya mau tanya telinga kiri saya sakit & tiba2 saya ngk bisa dengar kayak ada yg kesumbat di telinga tpi pas saya ke dokter sini di periksa tdk ada apa apa di lubang telinga jadi hax di kasi obat,skrg sdh tdk sakit lgi telinga sya tpi msh sulit mendengar saya,kadang2 saya bisa dengar jelas tpi kadang saya ngak bisa dengar jls, mau ke dokter THT cmn di kota ampana belum ada dokter THTx, mohon bantuannya dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EL

Nyeri pada telinga sering disebabkan salah satunya oleh infeksi telinga. Bahkan penyebab nyeri telinga juga bisa disebabkan karena peradangan saluaran telinga, adanya benjolan di dalam telinga, atau gangguan pada gendang telinga.

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika tuba Eustachius tersumbat atau bengkak, sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh alergi, flu, sering mengorek telinga, merokok, atau produksi lendir berlebihan.

Hal yang bisa Anda lakukan di rumah Untuk meredahkan nyerinya,

  • Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri golongan aman seperti paracetamol,
  • Menggunakan tetes telinga sebagai pereda nyeri
  • Kurangi mengorek telinga yang terlalu sering
  • Kompres dengan air hangat, dan
  • Istirahat yang teratur.

Jika keluhan Anda tidak membaik selama 1 minggu, sebaiknya Anda kontrol langsung ke spesialis THT agar diperiksa langsung dan mengetahui penyebab pasti dari nyeri telinga.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Anugerah

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.